Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 12:15 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggemar barang antik wajib mengunjungi Jalan Surabaya, Jakarta Pusat, karena di sepanjang jalan ini banyak ditemui kios-kios yang menjajakan beragam barang kuno.

"Sebelum berbentuk kios, kawasan Jalan Surabaya ini dulunya hanya berupa trotoar kosong yang diisi oleh para pedagang yang menggelar lapak barang antik," kata ketua di pasar barang antik Jalan Surabaya, Tamim (45) kepada Kompas.com di lokasi, Rabu (7/6/2023).

Baca juga:

Di area ini, wisatawan dapat menemukan beragam jenis barang antik, mulai dari kamera, piringan hitam, uang kertas kuno, uang koin kuno, patung-patung, hingga fonograf.

Jika berminat datang, Tamim mengatakan bahwa kawasan Jalan Surabaya beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Simak panduan transportasi ke Jalan Surabaya dengan naik KRL Commuter Line berikut ini.

Baca juga:

Cara ke Jalan Surabaya di Jakarta naik KRL

Stasiun Cikini, stasiun KRL terdekat dari Jalan Surabaya.Dok. Shutterstock/yunitae Stasiun Cikini, stasiun KRL terdekat dari Jalan Surabaya.

Bila naik KRL, stasiun terdekat Jalan Surabaya yaitu Stasiun Cikini. Pasar barang antik ini berjarak sekitar 350 meter dari pintu keluar stasiun sehingga wisatawan bisa jalan kaki sekitar lima menit.

Jika datang dari arah Depok dan Bogor, wisatawan dapat naik KRL tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, kemudian turun di Stasiun Cikini.

Wisatawan yang datang dari arah Jakarta Kota bisa naik KRL tujuan akhir Stasiun Manggarai atau Stasiun Bogor. Setelah itu bisa langsung turun di Stasiun Cikini usai melewati tiga stasiun dari keberangkatan awal.

Baca juga:

Sementara itu, wisatawan yang datang dari Stasiun Tanah Abang harus transit di Stasiun Manggarai terlebih dahulu, dan kembali melanjutkan perjalanan menggunakan KRL tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota. 

Saat Kompas.com naik KRL ke Stasiun Cikini dari Stasiun Palmerah, tarif tiket KRL yang dikenakan yakni Rp 3.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com