Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 13:26 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Wisatawan yang ingin liburan ke Gunung Bromo dan Pantai Balekambang di Malang, Jawa Timur, bisa naik bus DAMRI sebagai salah satu opsi. Namun, saat ini ada sejumlah perubahan yang harus diperhatikan.

Koordinator Pemasaran Perum DAMRI Malang, Wawan Krisdianto mengatakan, pihaknya sudah tidak melayani pengangkutan penumpang dari Terminal Batu, Kota Batu, sejak awal 2023. Hal itu karena kurangnya animo wisatawan yang berangkat dari Terminal Batu.

Baca juga:

"Sehingga kami tidak lagi mengangkut penumpang dari Kota Batu, mulai tahun ini (2023)," kata Wawan Krisdianto pada Kamis (8/6/2023).

Kemudian, Perum DAMRI Malang tidak lagi melayani pengangkutan penumpang di Terminal Arjosari untuk rute Malang-Pantai Balekambang.

Dengan demikian, penumpang yang memilih rute tersebut hanya bisa naik bus dari Pool DAMRI Malang di Jalan Letjend S Parman, Kota Malang.

"Karena sempat bersinggungan (persoalan) dengan angkot, jadi Terminal Arjosari hanya menjadi checkpoint, sebenarnya kita punya trayek," katanya.

Jadwal DAMRI ke Gunung Bromo dan Pantai Balekambang

Salah satu wisatawan hendak menggunakan Bus DAMRI dari Pool DAMRI Malang pada Kamis (8/6/2023). KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Salah satu wisatawan hendak menggunakan Bus DAMRI dari Pool DAMRI Malang pada Kamis (8/6/2023).

Sebagai informasi, Perum DAMRI telah mengoperasikan layanan transportasi wisata di Malang, Jawa Timur, sejak 2019 lalu. Layanan itu untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Jadwal DAMRI Malang-Pantai Balekambang pergi-pulang (PP)

Jadwal keberangkatan bus dengan rute Pool DAMRI Malang-Pantai Balekambang via Turen adalah pukul 07.00 WIB sedangkan via Bantur berangkat pukul 15.00 WIB.

Kemudian, untuk arah sebaliknya atau rute Pantai Balekambang-Malang berangkat pukul 14.30 WIB.

Setiap penumpang dikenakan tarif Rp 30.000. Bus yang digunakan berkapasitas 27-29 orang.

Baca juga:

Jadwal DAMRI Gunung Bromo PP

Perjalanan dengan tujuan Gunung Bromo terdapat rute Stasiun Malang-Tosari yang berangkat pukul 08.00 WIB dan 15.30 WIB. 

Sementara itu, arah sebaliknya atau rute Tosari-Stasiun Malang berangkat pukul 07.00 WIB dan 13.00 WIB.

Tarif yang dikenakan ke setiap penumpang yakni Rp 40.000. Kendaraan yang digunakan yakni bus sedang berkapasitas 14 orang.

Rute yang ada memang tidak sampai mengantarkan wisatawan ke dekat Gunung Bromo Oleh sebab itu, sesampainya di Tosari biasanya wisatawan akan menyewa jip untuk melanjutkan perjalanan hingga sampai tujuan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com