Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabupaten Bandung Akan Hadirkan Wisata Bertaraf Internasional di Rancabali

Kompas.com - 08/06/2023, 17:35 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Bandung tengah mengkaji peluang menghadirkan sebuah destinasi bertaraf internasional di daerahnya.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, destinasi itu rencananya akan mengusung konsep taman hiburan dengan berbagai macam wahana yang digerakkan tanpa menggunakan mesin.

"Nanti akan ada tempat wisata baru bertaraf internasional, semacam ada (roller) coaster. (Kalau roller coaster) pakai mesin, nah ini pakai (kemampuan) alam," kata Dadang di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023).

"Jadi secara alami, enggak usah pakai mesin langsung disesuaikan dengan kontur tanah," lanjutnya.

Baca juga:

Dadang mengatakan, lokasi tempat wisata itu nantinya ada di Rancabali, Kabupaten Bandung dan rencananya akan diresmikan Juli mendatang.

Terkait nama dari tempat wisatanya, Dadang mengatakan belum bisa mengungkapkannya karena masih dalam kajian.

"Belum masih dalam kajian. Karena ini punya swasta murni," ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada dua tempat wisata bertaraf internasional yang dihadirkan, yakni Jembatan Rengganis dan Nimo Highland.

Dua destinasi wisata itu, kata dia, juga termasuk paling diminati di kawasan Kabupaten Bandung karena jumlah wisatawan selalu meningkat.

Baca juga: Absen 3 Tahun, CFD di Bandung Digelar Lagi 4 Juni

Misalnya, Nimo Highland yang pada awalnya hanya punya target pengunjung 100.000 orang per bulan, kini meningkat menjadi 200.000 per bulan.

"Artinya animo masyarakat ke pariwisata itu sangat luas biasa. Termasuk (Jembatan) Rengganis juga sudah meningkat," imbuhnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Berharap ada tol lanjutan

Rengganis Suspension Bridge wisata baru di Rancabali, Bandung yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di AseanDok. Pengelola Rengganis Suspension Bridge Rengganis Suspension Bridge wisata baru di Rancabali, Bandung yang diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asean

Semakin bertambah orang yang berminat wisata utamanya ke Nimo Highland dan Jembatan Rengganis menurutnya juga berdampak pada kemacetan lalu lintas.

Oleh karena itu, ia mengusulkan ke Presiden Joko Widodo melalui Menterian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pengadaan tol lanjutan Soreang-Ciwidey-Cidaun.

"Di situ ada yang exit-nya nanti ke Pengalengan," tuturnya.

Baca juga:

Dilansir dari Tribun Jabar, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, mengatakan tol tersebut dijadwalkan akan dibangun pada 2034.

Namun, pihaknya tengah melakukan upaya percepatan atau akselerasi.

Caranya dengan membuat pra feasibility study atau perencanaam keseluruhan oleh pemerintah daerah sebagai modal dasar untuk meminta mengakselerasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com