Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2023, 18:06 WIB
Nugraha Perdana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Bila melintas di kawasan wisata Payung, Kota Batu, Jawa Timur, pengendara mungkin dapat dijumpai kawanan monyet ekor panjang turun ke jalan. Kondisi itu bisa dilihat ketika pagi dan sore hari. Diduga, puluhan monyet itu kelaparan.

Mereka berkumpul di bibir tebing dan tak takut meski kendaraan roda empat maupun roda dua melintas. Terkadang, pengendara berhenti dan mengambil foto keberadaan monyet-monyet itu.

Baca juga:

Kejadian tersebut sudah berlangsung setidaknya selama sepekan terakhir. Sejauh ini, belum ada laporan pengendara yang resah akibat keberadaan monyet tersebut.

Penjual jagung bakar di sekitar lokasi, Agus (40) mengatakan, biasanya puluhan monyet turun ke jalan atau duduk-duduk di sekitar tebing sekitar pukul 09.00 dan 15.00 WIB.

Terkadang para pengendara yang melintas juga melempari makanan ke gerombolan monyet. Menurutnya, kondisi yang ada menguntungkan para penjual makanan dan minuman di sekitarnya.

"Positifnya, kendaraan yang lewat, berhenti, juga ada yang mampir ke warung-warung, ya bersyukur saja," kata Agus, Kamis (8/6/2023).

Salah satu pengendara roda dua asal Malang, Kiswo Wahono sengaja berhenti bersama istri dan anaknya untuk melihat tingkah lucu para monyet.

"Ini dari rumah saudara di Kediri mau ke Malang. Terus ada monyet, anaknya senang, jadi berhenti sebentar," katanya.

Baca juga: 4 Tips Naik Malang Jeep Tour, Pergi Saat Cuaca Cerah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com