Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aktivitas di GWN Expo 2023, Bisa Cari Info Wisata dan Bikin Paspor

Kompas.com - 09/06/2023, 07:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gebyar Wisata Nusantara Expo (GWN Expo), pameran destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif Indonesia, berlangsung pada 8-11 Juni 2023 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta Selatan.

Pameran yang digelar selama empat hari ini bertujuan untuk menginformasikan, memasarkan, serta mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: GWN Expo 2023, Bisa Cari Paket-paket Wisata Lokal

Selain itu, juga menjadi tempat pertemuan bagi pelaku pariwisata dengan dinas pariwisata dari berbagai daerah, untuk saling berbagi tentang perkembangan dan tujuan wisata baru. Sekaligus menjadi peluang penjualan paket paket wisata.

Penyelenggaraan GWN Expo tahun ini diikuti lebih dari 45 peserta atau eksibitor.

GWN Expo 2023 dibuka selama empat hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Pengunjung yang ingin datang tidak dikenai tiket masuk, hanya mendaftarkan diri via daring melalui website.

Aktivitas di GWN Expo 2023

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan di Genyar Wisata Nusantara Expo 2023? Berikut Kompas.com rangkum setelah berkunjung pada Kamis (8/6/2023).

1. Gali informasi destinasi wisata

Booth dinas pariwisata daerah kabupaten dan provinsi di Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Booth dinas pariwisata daerah kabupaten dan provinsi di Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023.

Dari 45 booth, lebih dari 20 booth yang ada di GWN Expo 2023 adalah booth Dinas Pariwisata sejumlah provinsi dan kabupaten/kota.

Booth-booth tersebut menampilkan wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, religi, olahraga, bahari, dan wisata edukasi.

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Maluku Barat Daya, Ada Gunung di Tengah Sabana

Beberapa destinasi yang tersedia seperti Provinsi Banten, Kabupaten Bintan, Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Musi Banyuasi, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Dieng Banjarnegara, Kulon Progo, dan Kabupaten Kutai Timur.

Pengunjung sangat dianjurkan untuk bertanya seputar destinasi dan potensi wisata di tiap booth. Tak hanya itu, ada beberapa agen perjalanan setempat yang bisa kamu gali informasinya.

2. Beli produk ekonomi kreatif

Salah satu produk UMKM lokal yang dijual di booth Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu produk UMKM lokal yang dijual di booth Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023.

Datang langsung dari daerah masing-masing, booth tiap daerah rata-rata memajang produk hasil olahan UMKM setempat.

Kamu bisa membeli produk seperti makanan, aksesoris, kain, hingga minyak pala di sini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya, Ada Tempat Baru yang Hits

Harganya pun dibanderol cukup terjangkau karena sesuai harga pasar.

Aksesoris tangan dari Banten misalnya mulai Rp 5.000, aneka camilan dari Dieng Banjarnegara mulai Rp 15.000, kerupuk sagu dari Riau Rp 10.000, hingga gelang kayu asli dari Nias Selatan Rp 100.000.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com