Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata di Kabupaten Bandung yang Populer, Bisa untuk Liburan Sekolah

Kompas.com - 09/06/2023, 08:28 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Bandung, Jawa Barat masih menjadi salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan waktu liburan, khususnya liburan sekolah.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, kebanyakan tempat wisata yang diminati para wisatawan adalah yang berkaitan dengan pemandangan alam.

Baca juga: 

"Kebanyakan (tempat wisata) alam," kata Dadang dalam program Nusaraya Kompas.com, Kamis (8/6/2023).

Berikut beberapa tempat wisata di Kabupaten Bandung yang populer di kalangan wisatawan, menurut Dadang:

Wisata di Kabupaten Bandung

1. Nimo Highland

Memasuki hari terakhir libur Natal dan Tahun baru, pengunjung Nimo Highland di Pangalengan Meningkat hingga 100 persenKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Memasuki hari terakhir libur Natal dan Tahun baru, pengunjung Nimo Highland di Pangalengan Meningkat hingga 100 persen

Salah satu tempat wisata yang masih ramai peminat, kata Dadang, adalah Nimo Highland. Lokasinya di Gunung Nini, tepatnya di Banjarsari, Pangalengan, Bandung Selatan, Kabupaten Bandung.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (9/1/2023), Nimo Highland cocok didatangi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan perkebunan teh ala Santorini di Yunani.

Selain itu, Nimo Highland juga memiliki jembatan kaca sepanjang 150 meter yang menjadi spot foto incaran pengunjung. Jembatan berbentuk huruf U ini diklaim sebagai jembatan kaca terpanjang di Bandung.

Saat di jembatan kaca, pengunjung bisa menikmati pemandangan perkebunan teh, pegunungan, dan Situ Cileunca.

Baca juga:

2. Jembatan Rengganis

Obyek wisata jembatan Suspension Bridge atau Jembatan Rengganis di Rancabali, Kabupaten Bandung, mengalami peningkatan yang signifikan saat diawal tahun baru 2023.KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Obyek wisata jembatan Suspension Bridge atau Jembatan Rengganis di Rancabali, Kabupaten Bandung, mengalami peningkatan yang signifikan saat diawal tahun baru 2023.

Jembatan Rengganis atau Rengganis Suspension Bridge di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, juga masih diminati wisatawan.

Jembatan ini memiliki panjang 370 meter dan ketinggian 75 meter, dikutip dari Kompas.com, Minggu (22/5/2022).

Panjang jembatan ini melebihi jembatan gantung yang serupa di Sukabumi yakni Situ Gunung Suspension Bridge, yang panjangnya 243 meter dan ketinggiannya mencapai 100 meter.

Oleh karena itu, Jembatan Rengganis ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Baca juga:

3. Goa Jepang

Goa Jepang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.Dok. Shutterstock/Bagus Rahadian Goa Jepang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Goa Jepang termasuk salah satu tempat wisata di Bandung Utara, tepatnya di Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Dago Pakar.

Terletak tidak jauh dari Goa Belanda, Goa Jepang terdiri dari empat pintu dan dua saluran udara. Konon, dikutip dari laman resminya, goa ini dibangun oleh para tenaga kerja paksa atau romusha. 

Berdasarkan sejumlah lorong dan ruang yang ada di dalamnya, Goa Jepang dulunya difungsikan sebagai markas dan tempat penyimpanan peralatan serta logistik.

Baca juga: Sejarah yang Sering Dihubungkan Mistis, 3 Goa Jepang di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com