Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2023, 14:45 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sumatera Selatan tidak hanya terkenal akan wisata alam, budaya, dan gastronomi, tapi juga wisata olahraga (sport tourism). Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk sport tourism adalah Danau Ranau. 

Danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba ini sering dijadikan tempat kompetisi olahraga, salah satunya balap sepeda.

Baca juga:

Salah satu kompetisi balap sepeda di Danau Ranau yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF).

Para pengunjung atau peserta kompetisi yang datang ke Danau Ranau bisa menikmati rute lintasan yang terdiri dari sejumlah desa wisata dan tempat wisata lainnya. 

"Danau Ranau tidak hanya untuk para atlet. Tapi ditujukan juga bagi para penghobi, yang suka jalan-jalan, menikmati rute melewati desa wisata, curug, danau, dan lainnya," ujar panitia SRGF Fikri Heriyanto di Jakarta, Kamis (8/6/2023). 

Daya tarik Danau Ranau

Keindahan Danau Ranau di Sumatera Selatan. Shutterstock/Areza Taqwim Keindahan Danau Ranau di Sumatera Selatan.

Danau Ranau terletak di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Artinya, sebagian wilayah danau termasuk wilayah Sumatera Selatan, sedangkan sebagian lainnya wilayah Lampung. 

Danau Ranau dapat dicapai dari Kota Muara Dua, ibu kota Kabupaten OKU Selatan, melalui jalan darat sekitar 1,5 jam. Lokasi ini juga dapat dicapai melalui Kota Palembang sekitar delapan jam.

Selain itu, Danau Ranau dapat ditempuh melalui jalan darat dari Kota Liwa, ibu kota Kabupaten Lampung Barat, sekitar satu jam atau dari Bandar Lampung sekitar enam jam. Meski terdengar cukup jauh, namun akses jalan menuju Danau Ranau cukup bagus.

Baca juga:

Topografi di kawasan Danau Ranau terdiri dari perbukitan yang berlembah sehingga menjadikan udara di sekitarnya terasa sejuk, sebagaimana dilaporkan dari Kompas.com, Selasa (11/1/2022).

Danau Ranau tidak hanya digunakan sebagai sumber irigasi, tetapi juga tempat wisata karena menawarkan pemandangan alam. Pengunjung bisa melihat panorama Gunung Seminung dan air danau yang biru.

Selain itu, di lokasi Danau Ranau juga ada tempat wisata lain, seperti Pulau Marisa yang berada di tengah danau, pemandian air panas yang mengandung belerang, Pantai Bidadari, dan Air Terjun Subik Tuha. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com