Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurma dan Cokelat, Produk Oleh-oleh Haji Paling Populer di Pasar Tanah Abang

Kompas.com - 10/06/2023, 07:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat menjual aneka ragam produk oleh-oleh dari Tanah Suci dan Timur Tengah, mulai dari kurma, air zam-zam, zaitun, madu, hingga sajadah. 

Dari sekian banyak oleh-oleh haji dan umrah yang ditawarkan berbagai toko, ada beberapa produk populer yang sering dan banyak dibeli oleh masyarakat, seperti kurma dan cokelat dari Turki.

Seperti di toko Kareem yang sudah berdiri sejak 2009, banyak pembeli yang memburu kurma dan cokelat.

Baca juga:

Selain sebagai oleh-oleh, banyak juga yang membeli kurma untuk camilan, disimpan di rumah, untuk tamu, dan untuk kesehatan.

"Banyak orang umum yang beli cokelat, kacang, kurma dibuat obat. Disuruh makan kurma dari dokternya," ujar staf toko Kareem bernama Sinta saat ditemui Kompas.com, Rabu (7/6/2023). 

Dalam satu hari, ia menjelaskan, produk kurma pernah diborong hingga habis 5-10 dus. Adapun satu dus memiliki berat hingga 10 kilogram (kg). 

Senada, seorang staf toko Mekah 12 bernama Bagus mengatakan bahwa banyak pembeli yang mencari kurma serta air zam-zam, terutama untuk oleh-oleh sepulang haji atau umrah.

Baca juga: Beli Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, Catat 6 Tipsnya

"Di sini tergantung, kurma, teko, sajadah juga (banyak yang beli). Tapi kalau buat oleh-oleh haji ya kurma dan zam-zam. Kurma bisa sampai 4-5 dus per hari isinya satu dus 5-10 kg. Kalau habis semua bisa sampai hampir 20 dus," kata Bagus. 

Untuk konsumsi pribadi dan kesehatan

Tidak jauh berbeda seperti yang disampaikan Sinta, Bagus mengatakan bahwa banyak pembeli dari masyarakat umum yang membeli kurma untuk konsumi pribadi atau disimpan. 

Salah satu toko oleh-oleh haji di blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Salah satu toko oleh-oleh haji di blok F Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Banyak juga yang beli buat di rumah, bagi-bagi ke tetangga, saudara, disajikan juga. Buat kesehatan juga bisa," kata dia. 

Menurut staf toko Alghaizan bernama Hanif, kurma banyak dicari untuk konsumsi pribadi dan untuk kesehatan.

Baca juga: Beli Oleh-oleh Haji di Pasar Tanah Abang, Catat 6 Tipsnya

Beberapa manfaatnya antara lain untuk mengontrol kadar gula darah, membantu melancarkan pencernaan, sumber antioksidan, hingga menjaga kesehatan jantung. 

"Bukan cuma untuk oleh-oleh, umum ada banyak juga (yang beli), cari kurma karena sehat. Sehari pernah habis produknya Rp 5 juta," tutur Hanif. 

Hal ini juga disetujui oleh staf toko Elshanum bernama Iyan, yang mengatakan tokonya pernah habis hingga 50-100 kg dalam sehari untuk beberapa jenis kurma. Pembelian itu berasal dari toko langsung dan dari penjualan daring di marketplace. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com