Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 10:22 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bila mencari tempat liburan seru dan variatif, kamu bisa menemukannya di wilayah Jakarta Barat. Wilayah ini tidak hanya menawarkan spot Instagramable dan tempat nongkrong, tapi juga wisata sejarah dan olahraga.

Beberapa tempat wisata yang ada pun bisa dicapai dengan transportasi umum, khususnya bus Transjakarta. 

Baca juga: 4 Masjid Tua di Jakarta Barat, Ada yang Usianya Lebih dari 200 Tahun

Simak rekomendasi tempat liburan sekolah di Jakarta Barat yang pas dikunjungi bersama keluarga atau sahabat:

Tempat wisata di Jakarta Barat, pas untuk liburan sekolah

1. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) di Mal Neo Soho, Jakarta Barat. KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) di Mal Neo Soho, Jakarta Barat.

Jakarta Aquarium & Safari terletak di dalam mal Neo Soho. Tempat ini menawarkan beragam satwa ditambah sejumlah acara tematik yang bisa dinikmati. 

Beberapa satwa yang ada di tempat ini, antara lain ular, kecoa madagaskar, bintang laut, hiu, dan berang-berang.

Buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB, tempat wisata ini menawarkan harga tiket sesuai waktu kunjungan dan usia. Pada hari biasa harganya mulai Rp 147.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 112.700 untuk pengunjung anak.

Sementara itu, pada akhir pekan, harga tiket masuknya mulai Rp 171.500 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 147.000 untuk pengunjung anak.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata ke Jakarta Aquarium & Safari dan Harga Tiketnya

2. Museum MACAN

Museum MACAN di Jakarta Barat menggelar open house pada 20 Mei-4 Juni 2023, yang menampilkan karya seni bertajuk Ghost Nets: Awakening the Drifting Giants, ciptaan penduduk Selat Torres.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Museum MACAN di Jakarta Barat menggelar open house pada 20 Mei-4 Juni 2023, yang menampilkan karya seni bertajuk Ghost Nets: Awakening the Drifting Giants, ciptaan penduduk Selat Torres.

Bertempat di gedung AKR Tower, Museum MACAN menampilkan karya seni kontemporer dan modern baik dari seniman Indonesia maupun internasional.

Saat ini Museum MACAN menggelar pameran bertajuk di sini, d.l.l. hingga bulan Oktober 2023. Pameran tersebut menampilkan karya seni bertemakan sejarah dan narasi terkait lokasi yang berhubungan dengan Indonesia.

Tempat ini buka dari Selasa hingga Minggu, dari pukul 10.00 WIB sampai 18.00 WIB. Terdapat promo tiket masuk Museum MACAN seharga mulai Rp 25.000 hingga Jumat (23/6/2023), khusus untuk pameran tersebut.

Baca juga: Museum Macan Jakarta: Harga Tiket, Jam Buka, dan Aturan berkunjung

3. Palm Bay Waterpark

Jika ingin mengisi liburan dengan bermain air atau berenang, salah satu tempat yang bisa dituju adalah Palm Bay Waterpark. Lokasinya di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (25/5/2023), tempat ini menawarkan kolam ombak dan beragam perosotan yang bisa dijajal. 

Harga tiket masuk Palm Bay Waterpark per Juni 2023 adalah mulai Rp 50.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 45.000 untuk pengunjung anak pada hari biasa. 

Sementara itu, pada akhir pekan tiket masuknya mulai Rp 60.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 45.000 untuk pengunjung anak, dikutip dari akun resmi Instagramnya.

Baca juga: 7 Waterpark di Jakarta, Cocok untuk Liburan Saat Cuaca Panas

4. Kedai Kopi Kuno

Kedai Kopi Kuno di Jakarta Barat.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kedai Kopi Kuno di Jakarta Barat.

Kedai Kopi Kuno pas dikunjungi bila ingin nongkrong bersama teman, sembari berburu spot Instagramable untuk media sosial.

Berlokasi di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, kafe menawarkan konsep retro atau zaman dahulu.

Pengunjung bisa seolah kembali ke masa lalu berkat beberapa barang dan dekorasi yang ada, mulai dari mesin Dingdong Arcade hingga piringan hitam dan televisi analog.

Baca juga: Kedai Kopi Kuno di Jakarta Barat: Jam Buka, Lokasi, dan Rute

5. Hutan Kota Srengseng

Hutan kota Srengseng yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat, merupakan salah satu contoh pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) di JakartaKOMPAS.com/DEA ANDRIANI Hutan kota Srengseng yang berlokasi di Jalan Haji Kelik, Srengseng, Jakarta Barat, merupakan salah satu contoh pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta

Saat liburan, sempatkanlah berolahraga sembari menikmati suasana alam dan pepohonan. Salah satu lokasi yang bisa didatangi adalah Hutan Kota Srengseng di Kembangan, Jakarta Barat.

Di lokasi seluas 15,3 hektar ini, pengunjung bisa joging atau berjalan santai di jalur yang tersedia dan memancing. Ada pula ayunan dan papan perosotan untuk anak-anak.

Baca juga: 5 Tempat Nongkrong Kekinian Jakarta Barat, Cocok untuk Melepas Penat

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com