Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 11:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Liburan sekolah sebentar lagi tiba. Kamu bisa mengisi liburan sekolah dengan berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga atau teman.

Jika kamu berada di Yogyakarta, ada sejumah tempat liburan sekolah yang bisa dikunjungi. Mulai dari eduwisata, taman bermain, wahana permainan air, wisata alam, dan sebagainya. 

Baca juga:

Berikut rekomendasi tempat liburan sekolah di Yogyakarta yang wajib dikunjungi:

Tempat liburan sekolah di Yogyakarta

1. Obelix Village 

Suasana malam di Obelix Village, Sleman, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Suasana malam di Obelix Village, Sleman, Yogyakarta.

Obelix Village adalah tempat wisata baru di Sleman, Yogyakarta yang baru buka pada 15 Oktober 2022 lalu. Mengutip Kompas.com (27/1/2023), konsep Obelix Village adalah wisata keluarga bertema pedesaan.

Destinasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, kolam ikan, mini zoo, flower garden, fasilitas berkuda, dan river deck atau spot foto di tepi sungai, dan sebagainya.

Tiket masuk Obelix Village adalah Rp 20.000 per orang. Dengan tarif itu, wisatawan bisa berkeliling semua area Obelix Village. Jika ingin memberi makan hewan, pengunjung bisa membeli paket sayuran seharga Rp 5.000 per kantong makanan.

Sementara untuk naik kuda poni, tarifnya adalah Rp 50.000 per orang. Lokasi Obelix Village berada di Krandon, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. 

2. Taman Pintar

Taman Pintar, YogyakartaDok. https://tamanpintar.co.id/ Taman Pintar, Yogyakarta

Kamu ingin liburan sambil mempraktekkan pelajaran di sekolah? Maka, cobalah datang ke Taman Pintar yang berlokasi di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Yogyakarta. 

Mengutip situs Taman Pintar Yogyakarta, disebut Taman Pintar karena para siswa dapat leluasa memperdalam materi-materi pelajaran sekaligus berwisata

Ada beragam wahana edukasi di Taman Pintar yang dapat dikunjungi anak-anak. Mulai dari zona pengolahan sampah, wahana bahari, science theater, playground, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.  

Selain itu, lokasi Taman Pintar cukup strategis karena dekat dengan tempat wisata lainnya, seperti Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, dan Benteng Vredeburg.

3. Merapi Park 

Merapi Park Yogyakarta.https://pesona.travel Merapi Park Yogyakarta.

Merapi Park adalah taman rekreasi yang berada di Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

Kamu bisa berlibur sekolah sembari mengenal miniatur landmark paling terkenal di dunia.Mengutip dari situs resminya, Merapi Park memiliki sejumlah wahana

Misalnya, The World Landmark yang merupakan taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lainnya. 

Adapula wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan sebagainya. Selain wahana eduwisata dan bermain yang lengkap, pengunjung juga bisa menikmati udara segar di Merapi Park.

Harga tiket Merapi Park adalah Rp 35.000 per orang, sudah termasuk tiket Merapi Park, Dino Park, Kids Waterpark, dan De Mangol View. Namun, harga itu belum meliputi tarif wahana dan parkir kendaraan.

Baca juga:

4. Waterboom Jogja

Waterboom Jogja.situs waterboomjogja.com Waterboom Jogja.

Apa kamu ingin mengisi liburan sekolah dengan seru-seruan di wahana air? Maka datanglah ke Waterboom Jogja yang berlokasi di Jalan Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman.

Obyek wisata yang dulunya bernama Jogja Bay ini, merupakan salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara. Mengutip situs Waterboom Jogja, keunikan Waterboom Jogja adalah dikelilingi taman yang dipenuhi pepohonan serta taman tematik.  Selain itu, Waterboom Jogja mempunyai 19 wahana permainan air seru.

Waterboom Jogja juga memiliki wahana museum air Water for Life. Museum tersebut berisi 13 diorama tentang air, mulai dari manfaat hingga ilmu tentang air. Obyek wisata ini dilengkapi dengan area kuliner dan toko oleh-oleh.

5. The Lost World Castle

The Lost World Castle YogyakartaDok. Instagram @thelostworldcastle The Lost World Castle Yogyakarta

Tempat liburan sekolah di Yogyakarta selanjutnya adalah The Lost World Castle. Kamu bisa menjumpai  bangunan bak kastel negeri dongeng di lokasi ini.

Daya tarik kastel tersebut semakin megah dengan latar belakang panorama Gunung Merapi. The Lost World Castle juga menyediakan berbagai spot foto ala luar negeri seperti Tembok China, kapal bajak laut, hingga rumah pohon.

Harga tiket  The Lost World Castle adalah Rp 30.000 per orang. Lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com