Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Museum Tekstil di Jakarta Naik Kendaraan Pribadi

Kompas.com - 10/06/2023, 12:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Museum Tekstil menjadi tempat yang wajib dikunjungi untuk mengetahui seluk-beluk wastra Nusantara. Alamatnya di Jalan K.S. Tubun, Kota Bambu Selaltan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Museum ini buka dari hari Selasa hingga hari Minggu, pukul 09.00 WIB-15.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai Rp 5.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 2.000 untuk pengunjung anak.

Baca juga:

Wisatawan yang hendak berkunjung bisa naik kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Simak panduan salah satu rute menuju Museum Tekstil, khususnya bila dari Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat:

Rute ke Museum Tekstil di Jakarta

Cara ke Museum Tekstil naik TranJakarta dan KRLKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Cara ke Museum Tekstil naik TranJakarta dan KRL

Jarak dari Monas ke Museum Tekstil sekitar 4,8 kilometer (km) dengan waktu tempuh hampir 20 menit.

Dari Monas, arahkan kendaraan ke Jalan Majapahit dengan patokan bangunan Istana Merdeka di seberang kanan. Selanjutnya tetap di jalur kiri agar bisa langsung belok kiri ke Jalan Abdul Muis.

Teruslah berkendara melewati beberapa bangunan sebagai patokan, antara lain Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Kemenko PMK) di sisi kiri dan Rumah Sakit Budi Kemuliaan di sisi kiri.

Baca juga:

Ketika menjumpai persimpangan besar dengan bangunan Millennium Hotel Sirih Jakarta di seberang kiri, pilih jalur lurus agar berlanjut ke Jalan H. Fachrudin.

Jika melihat percabangan tiga jalur, pilih jalur yang kanan agar tetap di Jalan H. Fachrudin. Bila menjumpai percabangan dua jalur, pilih jalur kiri (bawah jembatan). 

Kemudian, jika ada percabangan dua jalur, pilih jalur kanan ke arah Slipi dan Kemanggisan agar berada di Jalan Jati Baru Raya (flyover). Kamu akan menyeberangi sungai dengan pemandangan Stasiun Tanah Abang di bawah.

Selepas turun dari jembatan, tetap lurus berkendara agar tetap berada di Jalan Jati Baru Raya. 

Jika menjumpai percabangan dengan lampu merah, langsung belok kiri ke Jalan K.S. Tubun. Pilih jalur kiri, lalu bangunan Museum Tekstil akan berada di sisi kiri.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Museum Tekstil, Ikut Kelas Membatik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com