Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Dolo: Pesona Alam Lereng Gunung Wilis di Kabupaten Kediri

Kompas.com - 01/05/2024, 17:05 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kini punya tempat wisata yang menarik, terutama bagi para pencinta alam. Salah satunya Air Terjun Dolo yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Air terjun ini berada di kawasan Gunung Besuki. Wisatawan bisa sekalian hiking untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Rasa lelah dan haus akan terobati saat mencapai Air Terjun Dolo dengan kesejukan dan panorama yang menawan. 

Baca juga: Citilink Terbang dari Jakarta ke Kediri PP, Tarif mulai Rp 1 Juta

Lokasinya yang berada di tengah kawasan hutan Gunung Besuki menambah asri dan sejuknya kawasan ini. 

Ketenangan dan kenyamanan yang disuguhkan tentunya akan memanjakan Anda yang biasa terbelenggu dalam rutinitas dan kepenatan suasana kerja dan aktivitas perkotaan.

Menuju Air Terjun Dolo di Kediri

Melansir dari lama resmi pemerintahan Kabupaten Kediri, Air Terjun Dolo terletak di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

Dengan jarak tempuh kurang lebih 30 kilometer dari Kantor Kabupaten Kediri. Obyek wisata ini cukup terjaga dari kebisingan dan polusi pusat kota.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Keindahan obyek wisata ini semakin lengkap dengan udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, ditambah suasana yang hijau dan tenang serta kealamian dari air terjunnya sendiri. 

Perjalanan Anda akan dimanjakan dengan hamparan hijau pemandangan hutan pinus lengkap dengan aroma khasnya sepanjang aspal hotmix yang meliuk-liuk melingkar menuju puncak.

Untuk mencapai Air Terjun Dolo, pengunjung harus berhenti di Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, karena jalan menuju ke arah Air Terjun Dolo mendaki dan tidak mungkin dilewati kendaraan.

Baca juga: 8 Wisata Murah di Kediri, Bisa Buat Libur Lebaran 

Jalanannya berupa tangga-tangga dari bebatuan yang dibuat melingkari daerah tersebut. Bebatuan tersebut menambah pesona dan nilai tersendiri yang membedakan dengan air terjun di tempat lain.

Meskipun perjalanan menuju lokasi air terjun memerlukan usaha ekstra, dengan melewati 1.000 anak tangga, namun hal ini tidak mengurangi antusiasme para pengunjung, mengutip dari tribunnews, Selasa (30/04/2024)

Segala lelah mereka terbayar lunas ketika tiba di lokasi dan dapat menikmati keindahan serta kesegaran sumber mata air yang sangat jernih.

Air Terjun Dolo di Kediri

Setelah merasakan dinginnya Air Terjun Dolo, pengunjung dapat menikmati fasilitas pariwisata yang tersedia seperti area jogging atau hiking

Di sekitar lokasi air terjun, telah banyak bermunculan warung makan yang menawarkan aneka kuliner khas lereng Gunung Wilis, seperti mi instan dan nasi tiwul goreng. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com