Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Wisata Malam di Jakarta, dari Taman hingga Aquarium

Kompas.com - 15/05/2024, 08:05 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jakarta seolah tidak pernah tidur. Selain kehidupan siang hari yang padat dengan aktivitas, Jakarta juga menawarkan berbagai pilihan wisata malam.

Jika tak sempat mengelilingi Jakarta pada siang hari, tapi takut tak ada tempat wisata yang buka pada malam hari, tenang saja.

Kompas.com telah merangkum sejumlah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi malam hari.

Baca juga:

Aneka wisata malam di Jakarta

1. Blok M

Suasana malam hari di kursi tenant M Bloc Space, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana malam hari di kursi tenant M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Blok M termasuk daerah di Jakarta Selatan yang umumnya ramai pengunjung, terutama pada malam hari.

Di daerah ini, biasanya pengunjung akan nongkrong di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Blok M Square, berburu sushi di Papaya, menonton bioskop di Plaza Blok M, bersantap di M Bloc Space, atau berwisata kuliner di sudut-sudut Blok M.

Lokasinya yang strategis dekat dengan akses transportasi umum, seperti Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) dan Halte TransJakarta, membuat Blok M semakin diminati. 

Bagi yang ingin mengunjungi Blok M menggunakan transportasi umum, dapat menggunakan MRT dengan turun di Stasiun MRT Blok M. 

Selain itu, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bus Transjakarta dan turun di Halte Blok M. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata Malam Gratis di Jakarta, Nongkrong di Blok M

2. Taman Ismail Marzuki

Fasilitas di dalam Perpustakaan Jakarta yang berlokasi di area Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Fasilitas di dalam Perpustakaan Jakarta yang berlokasi di area Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023).

Taman Ismail Marzuki (TIM) di Menteng, Jakarta Pusat, merupakan pilihan yang tepat bila mencari tempat terbuka untuk berkumpul. 

Berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 8, TIM memiliki area yang luas. Di dalam gedung perpustakaan, terdapat ruang terbuka kreatif yang menarik untuk dikunjungi.

Pada malam hari, pengunjung umumnya bisa menyaksikan berbagai kegiatan, seperti latihan menari, diskusi kelompok, atau membaca buku bersama-sama. 

Keunggulan lokasi TIM juga terletak pada akses transportasi umum yang mudah, yaitu dekat dengan Stasiun Cikini. 

Baca juga: Perpustakaan Jakarta di TIM: Cara Reservasi dan Daftar Jadi Anggota

3. Lapangan Banteng

Salah satu spot foto di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023). Instagram/@backpackerjakarta Salah satu spot foto di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023).

Lokasi Monumen Pembebasan Irian Barat ini terletak di Jakarta Pusat, tidak jauh dari Gereja Katedral. 

Di Lapangan Banteng, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan, mulai dari berolahraga hingga menonton pertunjukan air mancur menari. 

Selain itu, Lapangan Banteng juga sering digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan berbagai acara, salah satunya Flona - Pameran Flora dan Fauna Indonesia. 

Dengan letaknya yang strategis di Pasar Baru, Sawah Besar, Lapangan Banteng jadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Jakarta untuk melepaskan penat dan bersantai. 

Baca juga: Panduan Lengkap ke Lapangan Banteng, Wisata Gratis di Jakarta Pusat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com