Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Mendaki Gunung Fuji di Jepang Tahun 2024, Bayar Rp 206.000

Kompas.com - 17/05/2024, 12:31 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Prefektur Yamanashi, Jepang, telah menerapkan biaya wajib bagi para pendaki Gunung Fuji jalur Yoshida.

Dilansir dari soranews24, Kamis (16/5/2024), Keputusan ini diambil sebagai upaya mengatur jumlah pendaki dan menjaga kelestarian gunung.

Dengan adanya kebijakan baru ini, para pendaki harus membayar biaya pendakian sebesar 2.000 yen (sekitar Rp 206.000) per orang.

Baca juga: Minimarket di Jepang dengan Latar Belakang Gunung Fuji Timbulkan Masalah

Selain itu, ada pembatasan 4.000 pendaki per hari untuk jalur pendakian ini. Pembatasan akan berlaku mulai 16.00 hingga 03.00 keesokan harinya.

Untuk menghindari kekecewaan, para pendaki disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu melalui situs pendakian resmi.

Meskipun demikian, pendaki yang beruntung masih bisa mencoba mendaki Fuji tanpa reservasi asalkan batas harian belum tercapai saat tiba di sana. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Namun, reservasi di awal tetap diutamakan untuk memastikan kelancaran perjalanan. Melalui kebijakan ini, pemerintah berharap para pendaki dapat menikmati pengalaman mendaki Gunung Fuji dengan lebih teratur dan terjamin.

Selain biaya pendakian, para pendaki juga diwajibkan membayar biaya tambahan sebesar 3.000 yen (Rp 309.000) per orang jika ingin bermalam di pondok gunung di sepanjang Rute Yoshida. 

Cara pembayaran

Pembayaran biaya pendakian dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau format pembayaran non-tunai yang saat ini belum ditentukan. 

Namun, bagi mereka yang tidak melakukan reservasi dan membayar di muka, laman pendakian resmi tetap menyarankan untuk membawa uang tunai yang cukup.

Itu karena pembayaran non-tunai di gerbang pendakian mungkin sulit dilakukan saat kondisi cuaca ekstrem.

Keindahan Gunung Fuji dan Bunga Sakura di Danau Kawaguchi Dok. Pixabay, Credit. Thuanjapan Keindahan Gunung Fuji dan Bunga Sakura di Danau Kawaguchi

Perlu dicatat bahwa biaya pendakian sebesar 2.000 yen harus dibayar oleh semua pendaki, termasuk mereka yang sudah reservasi untuk menginap di pondok gunung di sepanjang Rute Yoshida (biaya pendakian tidak termasuk dalam pembayaran ke pondok gunung). 

Namun, mereka yang memesan penginapan di gunung dijamin mendapatkan kuota pendakian, bahkan tanpa melakukan reservasi pendakian.

Baca juga: Spot Foto Gunung Fuji di Jepang Ini Dipasangi Pagar akibat Ulah Turis

Meskipun demikian, laman resmi merekomendasikan reservasi atau pembayaran di muka karena jika pembayaran selesai pada saat reservasi, proses melewati gerbang akan lebih lancar. Pendaki hanya perlu menunjukkan QR Code.

Kebijakan ini diterapkan sebagai upaya pencegahan terhadap pendakian malam hari dan tanpa bermalam yang dianggap berbahaya oleh pemerintah. 

Pembukaan reservasi

Reservasi untuk musim pendakian musim panas 2024 akan dibuka melalui situs web resmi Pendakian Gunung Fuji pada pukul 10 pagi tanggal 20 Mei. 

Diharapkan dengan adanya kebijakan baru ini, para pendaki dapat menikmati keindahan Gunung Fuji secara lebih teratur dan terencana.

Dengan demikian, bagi para pencinta alam yang ingin mendaki Gunung Fuji, pastikan untuk memperhatikan ketentuan-ketentuan baru yang diberlakukan agar perjalanan mendaki Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com