Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memeriksa Masa Berlaku Paspor Sebelum Berwisata

Kompas.com - 18/05/2024, 17:05 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang berpikir bahwa memiliki paspor yang masih berlaku sudah cukup untuk perjalanan ke luar negeri.

Namun, tahukah kamu bahwa banyak negara mensyaratkan agar paspor memiliki masa berlaku tertentu setelah tanggal kepulangan? Biasanya sekitar tiga hingga enam bulan.

Melansir dari Huffpost, Jumat (17/5/2024) Katy Nastro, seorang juru bicara layanan peringatan penerbangan Going, aturan ini berlaku terutama di Asia dan Timur Tengah. Bahkan, ada maskapai penerbangan yang bisa menolak penumpang kalau paspornya tidak memenuhi syarat masa berlaku ini.

Baca juga: Mobil Imigrasi Layani Pemohon Paspor di 3 Lokasi hingga Akhir 2024

David Alwadish, pendiri dan CEO dari layanan concierge paspor dan visa ItsEasy.com, menambahkan bahwa persyaratan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengunjung memiliki paspor yang valid selama masa tinggal yang direncanakan, serta untuk periode penyangga jika terjadi penundaan atau perpanjangan yang tidak terduga.

Makanya, penting banget buat para wisatawan untuk cek persyaratan masuk negara yang akan dikunjungi sebelum memesan perjalanan. Caranya bisa dengan mengecek situs web kedutaan atau konsulat di negara asal dan tempat tujuan yang mau dikunjungi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Alwadish juga merekomendasikan untuk memperbarui paspor setidaknya setahun sebelum masa berlakunya habis.

Dengan begitu, tidak akan ada kendala saat melakukan perjalanan internasional. Proses perpanjangan paspor juga biasanya cepat.

Baca juga: Pada Liburan ke Luar Negeri, Peruri Sebut Permintaan Paspor Naik 2,5 Lipat Pasca Pandemi

Tapi, jika ternyata ada masalah terkait dokumen perjalanan, jangan panik. Masih ada cara untuk mendapatkan dokumen perjalanan dengan cepat. 

Yang penting, lakukan pemeriksaan yang teliti sebelumnya agar bisa menghindari stres dan kerumitan.

Cara bayar paspor melalui ATM BRI dan aplikasi BRImo dengan mudah tanpa harus antre di bank.iStockphoto/Irfan Setiawan Cara bayar paspor melalui ATM BRI dan aplikasi BRImo dengan mudah tanpa harus antre di bank.

Jadi, perencanaan yang matang itu kunci utama. Selain memeriksa masa berlaku paspor, pastikan juga bahwa paspor kamu punya halaman kosong yang cukup, tidak rusak, dan cek apakah negara tujuan kamu butuh visa atau otorisasi perjalanan elektronik.

Baca juga: Dua Tersangka TPPO Berkedok Magang Sembunyi di Jerman, Polri Ajukan Pencabutan Paspor

Intinya, pemahaman yang baik tentang aturan masa berlaku paspor itu penting banget buat para pengunjung internasional. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com