Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

World Water Forum 2024 Diharapkan Dorong Percepatan Target Wisatawan 2024

Kompas.com - 20/05/2024, 20:28 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis World Water Forum 2024 dapat menunjang percepatan pencapaian target wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) 2024.

"World Water Forum ini menunjang percepatan pencapaian target wisman dan wisnus tahun 2024," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (20/5/2024).

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bali Disiapkan untuk Delegasi World Water Forum

Maka dari itu, lanjut Menparekraf, pihaknya melakukan survei dari Jumat (17/5/2024) sampai Sabtu (25/5/2024) guna melihat dampak penyelenggaraan World Water Forum 2024 terhadap kunjungan wisman dan wisnus.

Hal ini lantaran total delegasi yang terlibat mencapai 20.000 orang. Jika digabung dengan rombongan pendamping, total pengunjung yang datang mencapai angka 50.000 orang.

"Total dengan rombongan dan pendamping bisa mencapai angka 50.000 (orang) dari hampir 170 negara yang datang ke Bali," tuturnya.

Peningkatan kunjungan wisman ke Bali pada saat acara World Water Forum 2024 juga diperkirakan akan berdampak positif terhadap perekonomian lokal di Bali dan Indonesia.

"Kita bisa memprediksi Rp 1,5 triliun spending langsung atau belanja langsung (dari gelaran World Water Forum 2024)," kata Sandiaga.

Baca juga:

Ilustrasi wisatawan saat menonton tari kecak di Uluwatu, Bali.Dok. Shutterstock/Aries Hendrick Apriyanto Ilustrasi wisatawan saat menonton tari kecak di Uluwatu, Bali.

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (17/5/2024), The 10th World Water Forum (WWF) 2024 atau Forum Air Dunia ke-10 digelar di Bali dari Sabtu (18/5/2024) hingga Sabtu (25/5/2024).

World Water Forum 2024 mengambil tema “Water for Shared Prosperity”. Lewat tema ini, seluruh pihak diharapkan bisa membahas berbagai permasalahan penting mengenai air beserta solusinya.

Baca juga: GWK Bali Tutup sampai 19 Mei 2024 untuk Persiapan World Water Forum

Perhelatan ini akan membicarakan empat pokok bahasan yakni konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

Empat pokok bahasan tersebut diharapkan dapat memberikan hasil dalam mendirikan Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), pengarusutamaan Integrated Water Resources Management (IWRM) atau Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu di Pulau Kecil, penentuan World Lake Day (WLD) atau Hari Danau Sedunia, serta pencantuman hasil aksi konkret dalam bentuk daftar kegiatan sebagai tindak lanjut dari WWF 2024.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com