Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Manfaatkan WiFi Gratis di Ancol Saat Ngabuburit

Kompas.com - 25/07/2013, 13:30 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ancol Taman Impian memberikan fasilitas kepada para pengunjung yang akan menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa atau ngabuburit dengan menyediakan jaringan internet nirkabel (wifi) secara gratis. Akses wi fi yang tersedia tersebar di seluruh unit rekreasi di dalam kawasan taman wisata.

"Ancol terus berupaya menciptakan kenyamanan secara optimal melalui berbagai fasilitas yang dimiliki, seperti fasilitas wi fi yang tersebar secara merata di seluruh kawasan Ancol," kata Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Winarto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (23/7/2013).

Sebelumnya, lanjut Winarto, layanan wifi gratis ini sudah tersedia di Ancol namun hanya terbatas pada beberapa kawasan. Sejak Juni 2013 lalu, jangkauan wi fi gratis pun diperluas dan semakin mudah diakses oleh pengunjung Ancol cukup dengan mendaftarkan data diri melalui perangkat selular mereka masing-masing.

"Hingga saat ini sudah ada lebih dari dua puluh titik di dalam kawasan Ancol Taman Impian dilengkapi dengan fasilitas wifi dan dapat diakses secara gratis oleh pengunjung dengan memilih nama layanan internet atau SSID sesuai dengan lokasi yang dikunjungi," katanya.

Dia memaparkan, sebagai contoh nama layanan internet atau SSID sesuai dengan lokasi yang dikunjungi adalah AncolCyberBeach, AncolDufan, AncolAtlantis, AncolEcopark, dan AncolGelanggangSamudra.

Adapun, cara untuk dapat memanfaatkan wifi tersebut yakni setelah berhasil memilih SSID sesuai dengan lokasi, tahap selanjutnya pengunjung dapat membuka laman (browser) pada perangkat selular. Kemudian akan masuk ke dalam halaman utama (welcome page) untuk melakukan pendaftaran atau registrasi.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Pengujung menikmati pemandangan lepas pantai dari Dermaga Pantai Festival, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu (21/4/2013). Kawasan tersebut menjadi salah tempat pilihan warga Jakarta dan luar Jakarta yang ingin berwisata menikmati suasana pantai dengan nyaman.
Winarto melanjutkan, lakukan registrasi di awal penggunaan dengan memilih menu "Daftar" di bagian bawah kemudian lengkapi isian registrasi dengan alamat email, kata sandi, jenis kelamin, tanggal lahir, serta minat dari pengunjung lalu klik daftar.

Setelah proses pendaftaran atau registrasi selesai dilakukan, pengguna dapat menikmati internet secara gratis selama 20 menit. Setelah 20 menit, halaman web secara otomatis akan kembali ke halaman utama. Sedangkan untuk mengkoneksinya kembali, pengunjung cukup melakukan "log in" menggunakan alamat email dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya.

"Sebagai salah satu tujuan wisata di ibu kota, berharap dengan adanya fasilitas pendukung (berupa wifi gratis) dapat menarik masyarakat untuk berkunjung ke Ancol. Terutama bagi yang ingin menikmati waktu ngabuburit di Bulan Ramadhan ini," tambah Winarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com