Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Danau Toba, Gabungan Wisata, Budaya, dan Olahraga

Kompas.com - 09/09/2013, 22:10 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, gelaran Festival Danau Toba bertujuan untuk mengangkat kembali sektor pariwisata di sana. Ia pun berharap festival ini akan masuk ke dalam kalender festival internasional.

"Pertama masuk kalender nasional dulu dengan mengedepankan kekuatan budaya. Inilah keunikan festival ini dengan memadukan keramahan masyarakat," ujar Hatta dalam jumpa pers pembukaan Festival Danau Toba di Samosir, Minggu (8/9/2013).

Sementara Bupati Samosir Mangindar Simbolon dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan gabungan antara wisata, budaya dan olahraga.

"Terdapat lokakarya terkait kuliner dan budaya di Danau Toba di samping itu juga dilakukan pameran pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Mangindar.

Selain itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menambahkan, dalam festival juga digelar festival drum melodi bertaraf internasional. "Drum melodi hanya ada tiga, satu di Afrika, satu di Myanmar dan satu di Toba," ujar Sapta.

Festival Danau Toba telah resmi dibuka oleh Hatta Rajasa pada Minggu (8/9/2013) di Open Stage Kecamatan Tuk Tuk Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Pembukaan dimeriahkan oleh ratusan anak-anak menampilkan tari Tor Tor dilanjutkan dengan Sulang-sulang Hariapan.

DOK KEMENPAREKRAF Atlet paralayang nasional, Jumat (23/8/2013) menguji coba lokasi dalam rangkaian perhelatan akbar Festival Danau Toba 2013 di Samosir, Sumatera Utara yang akan digelar 8–14 September 2013.

Festival Danau Toba berlangsung 8-14 September 2013 dengan berpusat di Pulau Samosir. Rangkaian kegiatan lain yang akan digelar adalah Karnaval Boneka Sigale-gale, berenang mengelilingi Pulau Samosir, lomba perahu dayung tradisional Solu Bolon.

Selanjutnya, paralayang air dan darat, permainan tradisional, lomba menyanyi, pameran wisata dan ekonomi kreatif dari 11 kabupaten, serta ditutup acara puncak konser musik "Glittering Lake Toba".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com