Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Keindahan Selandia Baru yang Tak Ada Habisnya

Kompas.com - 12/05/2014, 08:25 WIB
advertorial

Penulis

Bagaikan melihat sebuah lukisan pemandangan alam dengan warna-warna yang memikat mata. Bedanya, lukisan indah tersebut tidak terpajang di dinding ruang tamu Anda, melainkan ada di sekeliling Anda. Ya, itulah Selandia Baru.

Entah itu bersama dengan sang kekasih atau ketiga sahabat terdekat, Anda tak akan pernah bisa melupakan hari-hari Anda di Selandia Baru, tepatnya Pulau Selatan. Bayangkan, betapa gagahnya pegunungan Alps yang menjulang tinggi, betapa memesonanya dua laut yang bertemu di selat, dan betapa menyenangkannya berjalan menyusuri pesisir berbatu-batu yang menyatu dengan dataran landai. Apalagi keramahtamahan penduduk setempat akan membuat Anda merasa seperti di kampung halaman.

Nelson
Bisa dikatakan Nelson adalah wilayah Selandia Baru yang paling cerah, karena bermandikan matahari.  Mungkin karena matahari yang bersinar cerah, mungkin karena lokasinya yang cukup strategis, tapi Nelson dikenal sebagai rumah bagi orang-orang kreatif. Ada lebih dari 350 seniman dan pengrajin beraliran tradisional maupun kontemporer yang tinggal di sini.

Jangan lupa kunjungi World of Wearable Art & Collectable Cars Museum yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 10 menit dari pusat kota. Atau Anda bisa menghabiskan waktu beberapa jam di galeri seni Suter, Te Aratoi o Whakatu untuk melihat koleksi karya seni salah satu pelopor seni modern di Selandia Baru, yaitu Sir Tosswill Woollaston. Perhatikan dan pelajari bagaimana para pengrajin gelas membuat hasil karya mereka di Höglund Art Glass yang berlokasi di sebuah kebun sepi seluas 3 hektar.


Setelah itu, cobalah berjalan kaki atau bersantai di Golden Bay sambil menikmati hangatnya sinar matahari dan sejuknya angin laut. Sebagai alternatif, Anda bisa mendapatkan sedikit petualangan dengan pergi ke pedalaman Takaka. Di sana, Anda bisa melihat betapa jernihnya Te Waikoropupu, mata air tawar terbesar di Selandia Baru. Sedangkan untuk pengalaman yang unik, tersedia tur kayak laut, dimana Anda bisa mengitari pesisir dan melihat koloni anjing laut serta kawanan penguin terkecil di dunia bernama korora. Anda juga bisa mencarter sebuah yacht selama setengah hari atau beberapa hari untuk berlayar ke Abel Tasman National Park.

Christchurch, Canterbury
Yang manakah Anda? Penggemar belanja, pecinta alam, atau pengamat sejarah? Yang mana pun tak masalah, karena kota Christchurch dan wilayah Canterbury memiliki beragam daya tarik yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Pastikan dompet Anda tidak tertinggal di hotel, karena pusat perbelanjaan Re:START menawarkan berbagai macam toko, mulai dari pakaian hingga cinderamata. Ketika rasa haus atau lapar muncul, Anda tinggal melipir ke salah satu kafe atau restoran. Begitu malam tiba, jangan lupa untuk mengunjungi Pop Up City yang menawarkan minuman beralkohol yang asyik untuk bersantai hingga larut malam atau bahkan dini hari. 

Sebagai pecinta alam, Anda bisa menaiki perahu pesiar yang akan membawa Anda ke perairan Kaikoura yang dikenal sebagai surga Paus. Sering kali paus terlihat berenang di perairan ini karena terdapat ngarai sepanjang 2 kilometer yang berada tak jauh dari pantai. Palung raksasa tersebut merupakan tempat pertemuan dua arus laut yang kuat, sehingga menarik plankton dan ikan-ikan dalam jumlah besar. Jenis paus yang bisa ditemui pun ada beragam, seperti paus sperma, paus bungkuk, paus pilot dan orca atau paus pembunuh. 

Bila belum puas, Anda tinggal mengunjungi Orana Wildlife Park. Di kebun binatang ini, Anda bisa memberi makan jerapah dengan tangan, bertemu dengan badak, menyusuri habitat singa dengan menggunakan kendaraan yang tersedia, bahkan melihat burung nokturnal langka yang sangat lucu, yaitu kiwi.
   
Dunedin
Selain mendapat julukan sebagai ibu kota ramah lingkungan, Dunedin juga dikenal sebagai Edinburgh-nya Selandia Baru. Bagaimana tidak? Kota ini terletak di kaki pelabuhan yang panjang serta dikelilingi oleh bukit landai yang menawan. Belum lagi ada begitu banyak gedung dan bangunan peninggalan bangsa Skotlandia yang terpelihara dengan baik hingga saat ini.

Pecinta tanaman seperti Anda pasti tak ingin melewatkan kunjungan ke Dunedin Botanic Garden, kebun botani pertama di Selandia Baru. Tahukah Anda? Pada tahun 2013 lalu, Dunedin Botanic Garden baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-150. Anda akan merasa berbunga-bunga saat berjalan menelusuri Dunedin Botanic Garden yang luasnya mencapai 28 hektar. Koleksi tanamannya pun sangat beragam, mulai dari bunga mawar, tumbuhan herba, hingga bunga aster paling langka di dunia. Setiap warnanya pun ditata sedemikian rupa sehingga memberikan efek gradasi. Christchurch Botanic Gardens dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore, tanpa dipungut biaya.
 
Kebanyakan perempuan tak bisa menolak manisnya coklat. Nah, bila Anda salah satunya, dijamin Anda ingin merasakan pengalaman manis yang satu ini, yaitu tur ke Cadbury World Dunedin. Anda akan diajak berkeliling ke beberapa area seperti Visitor Centre, Theatre Presentation, Cadbury Dunedin Chocolate Factory, Unique Chocolate Fall dan Retail Store. Yang lebih menyenangkan lagi, Anda diperbolehkan untuk  mencicipi sampel coklat sepanjang tur.

Selain tiga destinasi di atas, pastikan Anda meluangkan waktu liburan untuk berkunjung ke Lake Wanaka untuk merasakan serunya bermain ski dan memacu adrenalin melalui olahraga ekstrim terjun payung . Bila Anda ingin bersantai sambil mencicipi berbagai macam jenis anggur berkualitas, datanglah ke kawasan budidaya anggur terbesar di Selandia Baru, yaitu Marlborough.

Kunjungi www.newzealand.com/id untuk mencari tahu destinasi maupun aktivitas lain yang tak kalah menariknya. Setelah itu, silakan pilih perjalanan seperti apa yang sesuai dengan keinginan Anda. Tersedia agen perjalanan yang akan membantu merencakan perjalanan Anda ke Selandia Baru, baik itu secara mewah atau hemat dengan anggaran yang lebih terjangkau.

Namun, bila Anda menginginkan privasi, ada alternatif lain yang lebih seru, yaitu berkendara sendiri menggunakan mobil sewaan.  Seperti Indonesia, posisi setir atau kemudi kendaraan Selandia Baru berada di sebelah kanan, sehingga Anda bisa beradaptasi dengan cepat dan mudah. Tapi ingat, Anda harus memiliki surat izin mengemudi (SIM) internasional.

Jadi, tunggu apa lagi? Selandia Baru menanti kedatangan Anda! (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com