Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Gelar Festival Enjoy Museum untuk Ramadhan

Kompas.com - 15/07/2014, 08:27 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Festival Enjoy Museum untuk Ramadhan, mulai 14 Juli hingga 22 Juli 2014, yang dibuka Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) NTB Hj Syamsiah Muh Amin, di Mataram, Senin (14/7/2014).

Kepala Museum NTB Lalu Moh Fauzal menjelaskan, kegiatan itu diselenggarakan dalam rangka napak tilas yang menampilkan proses masuknya Islam di NTB. "Jadi kegiatan ini kita laksanakan supaya masyarakat bisa mengingat kembali sejarah Islam di NTB," katanya.

Karena itu, untuk mengingatkan masyarakat, beberapa pertunjukan akan ditampilkan selama kegiatan tersebut, di antaranya lomba penulisan kaligrafi di atas kanvas, bazar termasuk pameran benda-benda atau tulisan peninggalan Islam di NTB.

Sementara itu, Ketua BKOW NTB Hj Syamsiah Amin menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan tidak lain untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat di tentang sejarah masuknya Islam di wilayah itu.

Karena itu, istri Wakil Gubernur NTB H Muh Amin ini berharap berharap kepada seluruh lapisan masyarakat dan dinas instansi terkait agar dapat bermitra dan bekerja sama untuk mendukung terlaksananya kegiatan museum tersebut.

TRIBUN / HERUDIN Kendang Beleq dibawakan dalam Parade Budaya Lombok Sumabawa 2013 di Jalan MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (16/6/2013). Parade budaya yang diikuti kabupaten-kabupaten di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu promosi wisata untuk mengajak wisatawan mengunjungi NTB.
Kegiatan pameran napak tilas perjalanan peradaban Islam di NTB dilaksanakan pada 14-26 Juli, menampilkan koleksi museum berupa benda peninggalan sejarah di NTB, di antaranya Al Quran tulisan tangan, naskah khutbah hari raya, wayang sasak dan rebana.

Selain itu, informasi tentang warisan budaya dan peradaban Islam di NTB, seperti Masjid Bayan Beleq, Masjid Gunung Pujut, makam Selaparang dan upacara U'a Pua di Bima dan sarasehan budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com