Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik? Simak 8 Tips "Packing" Ini

Kompas.com - 30/06/2016, 13:05 WIB

SEBENTAR lagi Lebaran yang berarti waktunya mudik agar bisa berkumpul dengan keluarga besar di hari Lebaran nanti. Selain mempersiapkan kendaraan dan mencari tiket transportasi, hal paling penting sebelum mudik adalah mempersiapkan barang bawaan Anda. Berikut ini delapan tips packing saat mudik nanti

1. Buat daftar barang yang akan dibawa, hal ini untuk mencegah adanya barang yang tertinggal. Pastikan juga mengecek kesesuaian daftar dan isi tas sebelum berangkat.

2. Jika mudik dengan menggunakan pesawat, pastikan ukuran tas atau koper yang dibawa muat di kabin bagasi, dan juga pastikan berat koper tidak melebihi batas yang sudah ditentukan.

3. Pasang tanda pengenal berupa kartu nama atau bisa juga menggunakan gantungan kunci atau stiker apapun di tas dan koper untuk membedakan tas dan koper kita dari milik orang lain. Hal ini sangat penting apalagi jika mudik dengan menggunakan transportasi umum untuk mencegah koper dan tas tertukar.

4. Bawa baju secukupnya saja dengan warna yang senada agar mudah dipadu padankan. Jika tidak terlalu diperlukan, tidak usah membawa perhiasan atau berbagai jam tangan.

5. Untuk menghemat tempat di koper, lipat baju dengan cara di gulung. Letakan baju yang paling berat seperti jaket dan celana jeans di bagian bawah, dan baju dengan bahan yang ringan di bagian atas. Menggulung baju juga akan mencegah baju menjadi kusut.

6. Cukup bawa satu sandal dan satu pasang sepatu. Jika membawa lebih dari itu, maka gunakan sepatu yang paling berat saat di perjalanan agar koper tidak penuh. Letakan sepatu di bagian paling dasar koper dan jangan lupa bungkus sepatu dengan kantong plastic agar tidak mengotori baju.

7. Bawa semua perlengkapan mandi anda dalam ukuran kecil untuk menghempat tempat. Untuk berjaga-jaga jika tumpah, bungkus sampo dan sabun cair dengan plastik sebelum masuk ke tas. Letakan paling atas di tas agar mudah diambil saat dibutuhkan. Jika tidak mau repot, peralatan mandi ini bisa juga dibeli di tempat tujuan, atau gunakan yang ada di tempat menginap.

8. Gunakan organizer khusus untuk kabel dan semua gadget anda, atau gunakan satu tas kecil atau pouch yang dikhususkan untuk kabel dan gadget.

(Agra Winona/Intisari/huffingtonpost)

Kompas Video Menyusuri Tol Trans Jawa Mojokerto - Rembang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com