Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok untuk Penggemar "Selfie", 3D Trick Art Museum Pilihan Berwisata di Kota Lama Semarang

Kompas.com - 06/07/2016, 13:04 WIB
Muhammad Irzal Adikurnia

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Berencana berlibur Lebaran di Semarang, mampir saja ke Kota Lama Semarang. Tak hanya bangunan-bangunan tua dengan arsitektur kolonialnya, wisata kekinian pun kini hadir di kawasan tersebut, yaitu Old City 3D Trick Art Museum.

Berlokasi di di Jalan Letjend Suprapto, museum kekinian ini berada di Kawasan Kota Lama Semarang. Tepatnya, hanya berjarak 50 meter dari Gereja Blenduk dan Taman Srigunting.

Bagi Anda penggemar selfie, akan dipuaskan oleh 108 latar foto tiga dimensi di empat ruangan. Ratusan foto tersebut bertemakan banguan khas Semarang, budaya Semarang, tokoh nasional hingga dunia, dan beberapa karakter dalam film layar lebar dunia.

Wisata 3D Trick Art Museum merupakan pilihan destinasi wisata baru di Kota Lama, mulai 2016 pertengahan. Menurut Marketing Communication Old City 3D Art Museum, Renaldi mengatakan wisata tersebut dihadirkan di Semarang untuk memfasilitasi para pecinta foto, juga dalam rangka turut menghidupkan wisata Kota Lama Semarang.

“Setiap latar foto di sini bisa menghasilkan gambar tiga dimensi, tapi harus diambil dari angle yang tepat,” ujar Rinaldi, kepada KompasTravel, Sabtu (25/6/2016). Sehingga, kreativitas memotret atau selfie benar-benar diasah.

 

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Museum 3D Old Town salah satu destinasi wisata di Kota Lama Semarang, berisikan berbagai ruangan dengan ratusan spot foto tiga dimansi bertemakan Semarang hingga artis dunia.

Ia mengatakan, meski sudah terdapat contoh angle foto di setiap latarnya, wisatawan dapat mengeksplor angle-angle lain yang hasilnya tak kalah unik. Pihak museum pun menyediakan tangga untuk wisatawan mengambil angle dari ketinggian, tak lupa di setiap ruangan ada dua hingga tiga petugas yang akan membantu wisatawan.

Ruangan yang pertama menyambut wisatawan ialah ruang photobooth, terdapat lebih dari delapan spot foto yang penuh dengan properti 3 dimensi yang dapat dipakai. Salah satu yang favorit disini ialah spot photobooth berlatar kota London, lengkap dengan ruang telepon umum.

KompasTravel beranjak ke ruangan berikutnya, yaitu Hall ruangan terbesar di bangunan ini. Melihat luasnya yang sekitar 100 meter persegi setiap bagian sisinya penuh dihiasi latar foto. Wisatawan dapat mengambil berbagai angle yang berbeda dan menghasilkan tema foto yang berbeda pula. Sisi kanan, kiri, depan, belakang, bawah, hingga sudut-sudut dapat dimanfaatkan.

Setelah itu lanjut ke ruangan display, di sini terlihat ruangan panjang dengan sekat yang menampilkan berbagai latar foto tematik. Di sini juga wisatawan dapat berfoto dengan berlatarkan bangunan-bangunan bersejarah Semarang, Indonesia, dan luar negeri, lalu berbagai artis dunia, hingga Walikota Semarang saat ini Hendrar Prihadi.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu spot foto di 3D Trick Art Museum Kota Lama, Semarang. Jika diputar 180 derajat, hasil foto di tempat ini akan tampak seperti dikejar binatang buas.

Untuk menyiasati agar wisatawan tidak bosan, Rinaldi mengatakan pihaknya mengganti tema-tema fotonya setiap tiga bulan sekali. “Kita lakukan riset kecil, yang mana yang kurang peminat akan diganti sama yang lagi hits di masyarakat,” ujar Rinaldi.

Wisatawan dapat berkunjung mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, dengan membeli tiket masuk Rp 40.000. Namun, untuk libur Lebaran harga tiket naik.

Yusuf dan Putri wisatawan dari Pati, yang sedang berkunjung mengatakan cukup tertarik dengan museum tersebut. “Seru fotonya, banyak pilihan, diajarin sama petugasnya juga, jadi ga takut salah foto,” ujar Putra yang menyukai spot foto koboi, kepada KompasTravel, Sabtu (25/6/2016).

Ingin berfoto lucu di berbagai tempat unik, hingga tokoh idola Anda? Atau bergaya konyol dengan trik-trik angle kamera? Jika berkunjung ke Semarang, cobalah untuk mampir ke Old City 3D Trick Art Museum ini, di kawasan Kota Lama Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com