Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Rendang "Vegetarian", dari Daun Kayu sampai Ketan Hitam

Kompas.com - 26/07/2016, 06:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang tak suka rendang? Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini merupakan salah satu masakan paling terkenal khas Nusantara. Rendang pun masuk dalam daftar 50 masakan terenak versi CNN.

Namun, rendang bukanlah hasil masakan atau hidangan. Hal itu dikemukakan penulis buku "Rendang Traveler", Reno Andam Suri.

"Perlu pemahaman dulu, sebetulnya rendang adalah proses memasak," tutur Uni Reno kepada KompasTravel, Senin (25/07/2016).

Reno menuturkan, proses memasak rendang dimulai dari gulai. Proses berikutnya yaitu kalio, kemudian barulah menjadi bumbu rendang. Maka dari itu semua bahan bisa dibuat rendang, tidak hanya daging sapi.

"Sama seperti tumis, berbagai macam sayur bisa kita tumis," tambah Uni Reno.

Selain daging dan bahan hewani lainnya, ada beberapa jenis rendang "vegetarian" yang terbuat dari bahan nabati. Dihimpun KompasTravel, berikut daftarnya.

Rendang Daun Kayu

Rendang daun kayu biasa disebut juga samba buruk karena tampilannya yang tidak sedap di mata. Namun jangan salah, rendang yang berasal dari Payakumbuh ini sangat digemari karena rasanya yang gurih dan bertekstur kering. Tidak hanya daun kayu, rendang juga bisa dibuat dari jenis daun lainnya seperti jirak, mali, rambai, atau daun arbai.

Pertama, ikan haruan dimasukan ke dalam santan kental hingga larut. Kemudian masukkan daun-daun tersebut dan aduk hingga warnanya kecoklatan. Ingin rasa yang lebih gurih dan daun yang lebih garing? Tambahkan parutan kelapa kedalam bumbu. Dijamin, daunnya tidak akan lembek melainkan garing!

"Aku udah pernah nyobain dan enak banget," ujar Reno yang juga pemiliki usaha rendang Uni Farah di Jakarta.

Rendang Cubadak

Bukan hanya gulai nangka yang menjadi ciri khas makanan Padang. Anda juga bisa memasak rendang dengan bahan nangka, yaitu rendang cubadak. Untuk Anda yang vegetarian, rendang khas daerah Maninjau ini bisa pilihan.

Rendang cubadak seringkali dibuat pada saat baralek atau pesta pernikahan. Saat memilih nangka muda, kulitnya harus yang belum memiliki duri yang besar-besar dan pemotongannya cukup sebesar ibu jari agar tidak hancur saat direndang.

Jadi saat harga daging sedang naik-naiknya, Anda bisa menjadikan rendang cubadak ini sebagai alternatif. Selain rasanya yang seperti daging, nangka muda juga memiliki tekstur serat seperti daging pada umumnya.

Rendang Jariang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com