Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahalnya Pulang Kampung ke Papua

Kompas.com - 15/10/2016, 19:02 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melepas rindu bertemu sanak saudara di kampung halaman adalah momen indah yang dinanti oleh tiap perantau. Namun tak semua orang dapat pulang kampung minimal satu tahun sekali. Ada kampung halaman yang sulit dijangkau dari segi biaya transportasi bagi warga Jakarta dan sekitarnya yaitu jika kampung halamannya di Papua.

"Setiap kali saya mau pulang kampung, setidaknya harus direncanakan setahun sebelumnya. Tak mungkin dadakan karena terbatas uangnya sekalipun naik maskapai bujet rendah," kata Evi yang merantau dari Jayapura, Papua, ke Jakarta, kepada KompasTravel, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Evi yang terakhir pulang kampung ke Jayapura pada tahun 2014, harga tiket pesawat dari Jakarta ke Papua begitu tinggi. Apalagi Evi kini sudah berkeluarga. Pulang kampung berarti bersama suami dan anak, bujet pulang kampung semakin membengkak.

"Saya kalau pulang naik Sriwijaya Air harus keluar bujet Rp 3 juta-an (sekali jalan). Pulangnya naik Batik Air harus sedia Rp 3,5 juta lebih," kata Evi. Dengan kata lain, ia harus sedia bujet minimal Rp 20 juta hanya untuk tiket penerbangan pergi pulang ia, suami, dan anaknya.

Karena harga tiket ke Papua yang mahal, Evi mengaku jadi jarang pulang kampung. Ia berujar nasib sama juga terjadi pada teman-temannya yang merantau dari Papua bekerja di Pulau Jawa.

(Baca Juga: Tiket Pesawat ke Tokyo Lebih Murah daripada ke Raja Ampat?)

Contoh lainnya Nova yang berkampung halaman di Sorong, Papua Barat. "Harga tiketnya bikin miris dan mikir berkali-kali. Harus direncanakan dari jauh-jauh hari kalau mau pulang kampung. Harga tiket bisa dua sampai tiga kali lipat daripada liburan ke Singapura, Malaysia, atau Bangkok," kata Nova.

Nova mengatakan ia harus merogoh kurang lebih Rp 4 juta untuk sekali perjalanan ke Sorong. "Mungkin kalau ke Jayapura bisa lebih murah karena lebih banyak penerbangan dan maskapai pilihan. Ini saya ke Sorong," kata Nova.

Namun begitu Nova bersyukur kampung halamannya adalah pintu gerbang menuju Raja Ampat. Sehingga biaya wisata bisa berkurang drastis.

AUDREY ROIT Desa wisata Arborek di Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
Hanya saja tak semua orang Papua sanggup ke Raja Ampat. Menurut Evi, tiket pesawat dari Jayapura menuju Sorong dihargai Rp 3,6 juta sekali jalan.

"Padahal masih di wilayah Papua, belum beda pulau harga tiketnya segitu," kata Evi yang akhirnya mengurungkan niat pulang kampung sembari wisata ke Raja Ampat. 

Penyebab tiket mahal

Sebelumnya KompasTravel memantau harga tiket menuju Raja Ampat dibanderol mulai dari Rp 3,3 juta sekali jalan pada Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) fase 2 yang digelar 7-9 Oktober 2016.  Dengan kata lain kocek Rp 6,6 juta harus siap dirogoh untuk pulang pergi dari Jakarta ke Raja Ampat.

Sementara, harga tiket pergi pulang (PP)  Jakarta-Seoul dijual mulai dari Rp 3,2 juta dan harga tiket PP Jakarta-Tokyo dibanderol mulai dari Rp 3,5 juta. Padahal dihitung dari jarak tempuh, Jakarta ke Seoul tentu lebih jauh daripada Jakarta-Sorong. 

Mengapa demikian? Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan harga tiket pesawat yang dijual berdasarkan hukum "Demand & Supply". Ia melanjutkan semakin tinggi kebutuhan suatu rute penerbangan, harga cenderung naik.

"Semakin banyak maskapai yang melayani suatu rute, persaingan makin ketat, harga cenderung turun," jelas Alvin saat dihubungi KompasTravel, Senin (10/10/2016).

Selain itu, menurut Alvin, mahalnya biaya tiket penerbangan juga dipengaruhi oleh skala ekonomi (economic of scale) suatu perusahaan.

Ia mengatakan semakin besar kapasitas produksi dalam hal ini adalah frekuensi penerbangan, maka akan rendah biaya tiket pesawat.

"Kebijakan atau strategi pemerintah tentang positioning Raja Ampat juga berpengaruh. Apakah akan diposisikan sebagai tujuan wisata eksklusif atau massal," ungkapnya.

(Baca juga: Tiket Pesawat Mahal? Ini Beberapa Penyebabnya...)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com