Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Kota Batu Terus Genjot Kunjungan Wisman

Kompas.com - 15/11/2016, 22:07 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur terus berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing. Dalam waktu dekat, pemerintah di kota apel itu akan melaksanakan festival bertaraf internasional.

Festival yang diberi nama Diplomatik Tour "Batu International Islamic Tourism 2016" itu akan dihadiri oleh perwakilan dari 20 negara di lima benua.

"Kita sudah minta ke Kementerian Luar Negeri. Pelaksanaannya nanti awal Desember. Tanggal 2, 3 dan 4," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu, Sinal Abidin, Selasa (15/11/2016).

Dengan adanya acara tersebut diharapkan ada peningkatan kunjungan wisatawan asing sesuai dengan yang ditargetkan Pemerintah Kota Batu. "Tanpa ada promosi yang dapat merayu tidak akan turis datang kesini," jelasnya.

(BACA: 6 Pesona Wisata Kota Batu yang Wajib Dikunjungi)

Sesuai dengan catatan yang ada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu, pada tahun 2015 jumlah kunjungan wisatawan asing sebanyak 10 persen dari total kunjungan sebanyak 4 juta pengunjung.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Suasana di pintu masuk Pasar Apung, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (13/11/2016).
Tahun ini, pemerintah menargetkan akan ada kenaikan jumlah kunjungan wisatawan asing. "Tahun ini kita targetkan naik sebanyak 20 persen. Kalau wisatawan lokal target kita masih sama," katanya.

Belum ada angka yang pasti tentang kunjungan wisatawan asing ke Kota Batu untuk tahun 2016. Biasanya, kunjungan wisatawan asing meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com