Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecil Kemungkinan Letusan Menyamai 1883

Kompas.com - 03/10/2011, 17:02 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Dengan peningkatan aktivitas Gunung Berapi Anak Krakatau, muncul kekhawatiran bahwa letusannya bakal dahsyat dan memakan banyak korban. Terlebih lagi, nama Krakatau tidak bisa dilepaskan dari letusan tahun 1883 yang tidak bisa dilupakan dunia.

Pertanyaannya sekarang, bila Anak Krakatau kemudian meletus, apakah kekuatannya bisa menyamai Krakatau? Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi Surono punya analisi yang bernada optimistis.

"Sangat kecil kemungkinan Anak Krakatau bisa tandingi ibunya," ujarnya menyebut ibu sebagai kata ganti Krakatau, Senin (3/10/2011).

Salah satu alasannya, meski sejak 1930 alami peningkatan aktivitas, Anak Krakatau, yang sudah berulang kali meletus, kekuatanya hingga kini lemah. Dengan demikian, gunung tersebut diharapkan tidak sempat menumpuk energi sebesar Krakatau untuk dilepaskan pada saat meletus nanti.

Hanya, dia mengakui bahwa Anak Krakatau cukup rajin untuk tumbuh. Sejak diketahui berupa titik di tengah lautan, Anak Krakatau sering meletus untuk menumpuk material dan menjadi lebih tinggi. Dalam waktu 75 tahun, tingginya kini mencapai 315 meter di atas permukaan laut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com