Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2012, 11:30 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Pulau ini tak bisa disebut luas. Bahkan tak sampai semenit untuk berlari mengelilingi pulau tersebut. Pulau kecil di tengah lautan biru hanya ada pasir, pasir, dan pasir. Pantaslah disebut sebagai Pulau Pasir.

Pulau ini masuk dalam kawasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kabupaten Belitung. Sebenarnya, tak pantas disebut pulau karena hanya berupa dataran yang tak luas berpasir atau gosong.

Pasirnya yang putih dan bersih, juga bertekstur halus memang menjadi daya pikat. Sesuai namanya, pulau ini hanya berisikan pasir. Jangan harap bertemu pohon kelapa ataupun batu besar khas Belitung.

Benar-benar pulau pasir di tengah laut. Namun, mari menyelam lebih dalam. Jika berenang ke dalam air, bintang-bintang laut pun tampak. Pulau ini ibarat rumah bagi si Patrick Star, teman karib tokoh kartun Spongebob Squarepants.

Ya, bintang laut dengan mudah ditemui di pulau ini. Tak hanya di dalam air, di bibir pantai, pertemuan antara pasir dan laut pun bisa ditemukan bintang laut. Sangat mudah menemukan bintang laut di pulau ini. Dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar, kira-kira setelapak tangan orang dewasa.

Pemandu wisata biasa mengajak rombongan turis berburu bintang laut di sini. Tentu hanya untuk sekadar bersenang-senang. Setelah menemukan bintang laut, selanjutnya adalah foto bareng si “Patrick”. Kadang bintang laut agak sulit ditemukan, namun pemandu wisata dengan sigap mencari bintang laut di dalam air, sekadar menunjukkan ke turis yang penasaran dengan wujud si “Patrick”.

Tak perlu ditangkap, apalagi sampai dibawa pulang. Sekadar mengamati bintang laut di habitatnya, apalagi yang ukuran besar saja sudah mengasyikkan. Ia tampak jelas berdiam diri di dalam air. Tak heran, tepian pantai sangat dangkal, hingga pengunjung bisa berjalan sampai beberapa meter ke tengah laut.

Gradasi warna laut dari biru terang ke biru muda, menunjukkan air yang begitu bening dan dangkal. Tambahan pasir putih di dasar laut begitu jelas terlihat. Berenang santai atau sekadar mengapung di atas laut, menjadi keasyikan tersendiri.

Untuk mencapai Pulau Pasir, dapat ditempuh menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Kelayang. Perlu waktu sekitar 20 menit perjalanan laut menuju pulau ini. Sementara itu, lama tempuh dari Tanjung Pandan, ibu kota Kabupaten Belitung, menuju Pantai Tanjung Kelayang sekitar satu jam.

Biasanya, tur ke Pulau Pasir masuk dalam paket island hopping atau seharian tur ke pulau-pulau kecil di sekitar perairan Belitung. Penyewaan perahu dan pemandu wisata bisa dijumpai di Pantai Tanjung Kelayang. Harga sewa kapal mulai dari Rp 350.000 per hari, tergantung jumlah penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com