Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sail Indonesia, Dermaga Lovina Diperpanjang

Kompas.com - 23/06/2013, 18:17 WIB
SINGARAJA, KOMPAS.com - Dermaga Lovina di Kabupaten Buleleng yang dipersiapkan sebagai tempat persandaran kapal pesiar di utara Pulau Bali itu akan diujicobakan pada pelaksanaan "Sail Indonesia" akhir tahun ini. "Saat ini kami sedang menggarap proyek perpanjangan dermaga," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Jro Ketut Warkadea di Singaraja, Minggu (23/6/2013).

Ia menjelaskan panjang dermaga itu nantinya mencapai 27 meter untuk mempermudah persandaran kapal pesiar dari berbagai jenis dan ukuran. Selama ini para penumpang kapal pesiar harus melepaskan alas kaki saat merapat di Dermaga Lovina agar tidak terkena air laut.

"Pada saat ’Sail Indonesia’ digelar akhir tahun ini, para peserta yang membawa ’yacht’ (kapal pesiar berukuran kecil) bisa memanfaatkan dermaga baru itu tanpa harus melepaskan alas kaki," kata Warkadea.

Pihaknya juga telah melaporkan rencana proyek perpanjangan Dermaga Lovina itu kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta. "Pemerintah pusat berjanji akan memberikan dana hibah kepada kami untuk biaya perpanjangan dermaga sehingga sudah siap difungsikan pada saat ’Sail Indonesia 2013’ digelar nanti," katanya.

Peserta "Sail Indonesia 2013" akan melalui rute Pulau Timor, Banda, Buru, Ternate, Morotai, Lembata, Wakatobi, Flores, Sulawesi, Bali, Jawa, Kalimantan, Belitung, dan berakhir di Batam atau Bintan di selatan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com