Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2016, 13:43 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com - Kagum. Hanya satu kata itu yang terlintas saat melihat matahari tenggelam di ujung cakrawala. Bahkan, foto diri berlatarsunset di tepi pantai pun tetap bakal mempesona setiap kali dilihat lagi.

Dengan hamparan pasir putih beralur khas pantai Indonesia, setumpuk panorama yang eksotis dan menawan bertebaran di seantoro tempat. Di situ, sejauh mata memandang ke segala arah, Anda akan terpukau oleh paduan biru langit, kilau pirus air laut, dan larik garis pantai tak berbatas.

Lombok, misalnya, memililki sederet pantai teramat indah. Gili Trawangan adalah salah satunya. Ada juga Pantai Sengigi. Pulau ini memang sudah menjadi favorit, baik bagi turis lokal maupun mancanegara.

Tak hanya sunset, pantai-pantai ini juga menawarkan peluang bagi momen-momen tak terlupakan. Berjalan tanpa alas kaki di tepi pantai bersama pasangan, misalnya, akan terasa pas dilakukan di sini.

Masalahnya, memotret pesona sunset tak semudah menggambarkannya. Kamera biasa cenderung menghasilkan gambar gelap saat memotret sumber cahaya terang sunset.

Sekalipun sunset hanya latar belakang saat foto selfie bersama pasangan, tantangan yang dihadapi tetap sama.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Menikmati matahari terbenam (sunset) di Pulau Sagori, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Selasa (22/12/2015).
Namun, kini tantangan tersebut sudah punya solusi yang bahkan sekaligus menjadikan banyak hal lebih sederhana. Tak perlu belajar teknik tinggi fotografi dan berbekal kamera DSLR untuk memotret sunset atau berfoto diri dengan latar belakang momentum matahari tenggelam.

Dalam genggaman

Kini, cukup berbekal ponsel kamera seukuran genggaman tangan, memotret sunset bukan lagi persoalan. Terlebih lagi, sekarang sudah ada ponsel yang memasang kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel untuk memaksimalkan hasil selfie.

Lensa kamera depan itu pun didukung sensor 1/3.1 dan bukaan f/2.0. Fitur hi-light camera menjadi jawaban bagi kebutuhan selfie berlatar belakang sumber cahaya seperti sunset di Lombok.

Dengan fitur itu, backlight sudah bukan persoalan, wajah Anda dalam foto selfie pun tetap terlihat jelas. Kalau masih belum cukup, ponsel kamera juga telah menyediakan fitur Beautify 4.0 untuk memastikan gambar wajah terbaik yang terekam saatselfie.

Skala satu sampai tujuh di fitur yang satu ini memberikan rentang panjang untuk seberapa "bening” Anda ingin hadir dalam foto selfie.

Doc Oppo Ponsel untuk selfie menyediakan sejumlah fitur untuk mendukung pemotretan dalam ragam pencahayaan, baik kelebihan maupun kekurangan cahaya.
Nah, kalau tak mau kehilangan banyak momen spesial di pantai, ponsel kamera memberikan solusi pula dengan dipasangnya baterai berkapasitas 2.850 mAh.  Kalaupun benar-benar harus mengisi ulang, ada teknologi VOOC Flash Charge yang memungkinkan pengisian 5 menit untuk pemakaian dua jam ke depan.

Saat terburu-buru kembali ke pantai, tak perlu khawatir ponsel kamera akan terjatuh, karena ada desain tepian ponsel yang telah menyesuaikan kontur genggaman tangan. Desain ini memastikan bentuk dasar melengkung ponsel tak lalu menjadikannya licin saat digenggam.

Jadi, selfie berlatar sunset, siapa takut?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com