Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Belajar Buat Coffee Latte Art? Ini Dia Tempatnya

Kompas.com - 16/02/2017, 22:17 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menikmati secangkir kopi mungkin sudah menjadi kebiasaan, terutama bagi kaum milenial. Kini, Anda bisa menyeruput kopi sambil belajar cara membuat Coffee Latte Art. Anda juga bisa belajar segala hal tentang kopi.

Datang saja ke Roppan Coffee Talk yang digelar di restoran Roppan sebanyak dua minggu sekali. 

“Roppan Coffee Talk adalah sebuah seminar mini tentang kopi. Sebanyak 50 persen dari acara ini berisi tentang materi kopi, tren-tren kopi, biji kopi, proses mengolah kopi, sampai pengenalan alat untuk proses brew,“ ujar Indriana Listia Rahmawati selaku Marketing Manager Roppan Indonesia saat ditemui KompasTravel, Sabtu (11/2/2017).

BACA: Kopi Digiling Bukan Digunting

Mengapa Coffee Latte Art? Menurut Indriana, seni ini merupakan salah satu skill yang cukup sulit untuk dikuasai barista. Para barista di Roppan membutuhkan sekitar 3-6 bulan untuk menguasai teknik seperti membuat espresso dan Coffee Latte Art yang sesuai standar.

Setiap tiga bulan sekali, ada pelatihan khusus barista untuk menjaga kualitas kopi yang mereka suguhkan.

Saat ditanya mengenai bagaimana cara untuk orang awam yang ingin belajar soal kopi, Indriana menjawab, "Tentu saja orang tersebut harus suka minum kopi. Biasanya orang yang suka minum kopi, kepekaan lidahnya terhadap kopi akan lebih tajam. Untuk orang yang masih awam, bisa minum kopi dengan karamel terlebih dahulu, kemudian bisa lanjut untuk minum kopi espresso, lalu levelnya akan naik untuk minum kopi manual brew."

BACA: Menyeruput Kopi di Garasi Mobil Ali Sadikin

Anda yang penasaran dan ingin belajar lebih dalam tentang kopi, bisa mengikuti acara Roppan Coffee Talk selanjutnya.

"Acara ini diadakan dua minggu sekali dan teman-teman yang ingin bergabung bisa melihat info di Instagram @roppanindonesia atau datang langsung ke store kami," tambah Indriana.

Dengan adanya acara ini, Indriana mengharapkan para peserta bisa saling berbagi ilmu dan segala informasi tentang kopi. Selain itu, juga bisa mengasah sedikit kemampuan untuk mempercantik kopi dengan Coffee Latte Art.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com