Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Aktivitas di Kebun Raya Mangrove Surabaya, Bisa Keliling Naik Perahu

KOMPAS.com - Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan kebun raya mangrove pertama dan satu-satunya di Indonesia. Selain menyaksikan  pohon mangrove, ada beragam aktivitas wisata yang dapat kamu lakukan jika berkunjun ke lokasi ini.

  • Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Raya Mangrove Surabaya
  • Kebun Raya Mangrove Surabaya, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Kepala UPTD Kebun Raya Mangrove Surabaya Eva, mengatakan, Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki luas mencapai 34 hektare, yang mencakup tiga wilayah. Meliputi, Gunung Anyar seluas 11 hektare, Medokan Sawah 16 hektare, dan Wonorejo 7 hektare.

“Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan kebun raya tematik mangrove yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, belum ada (kebun raya di Indonesia) yang tematik, apalagi jenisnya mangrove,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Total, ada sekitar 57 spesies mangrove yang berjumlah ribuan pohon di Kebun Raya Mangrove Surabaya. Selain berfungsi sebagai konservasi alam, kebun raya mangrove yang baru diresmikan pada Rabu (26/7/2023) ini, menjadi salah satu destinasi wisata alam di Surabaya.

“Ada beragam fasilitas wisata untuk warga Surabaya khususnya,” ujarnya.

Jika ingin berkunjung, lokasi Kebun Raya Mangrove Surabaya berada di Jalan Wisata Mangrove Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. 

Aktivitas wisata di Kebun Raya Mangrove Surabaya 

Berikut sejumlah aktivitas wisata di Kebun Raya Mangrove Surabaya yang dapat dilakukan pengunjung.

1. Naik perahu 

Tersedia fasilitas perahu bagi pengunjung yang ingin berkeliling area Kebun Raya Mangrove Surabaya. Wisatawan perlu membeli tiket terpisah seharga Rp 25.000 per orang.

“Wisatawan akan diajak keliling Kebun Raya Mangrove Surabaya sampai ke pesisir laut selama sekitar 30 menit,” kata Eva.

2. Jogging 

Tersedia jogging track sepanjang 360 meter bagi pengunjung yang ingin berolahraga sembari menikmati pemandangan hutan mangrove. Aktivitas ini tidak dipungut biaya alias gratis.

3. Berfoto 

Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki banyak spot foto Instagramable dengan latar belakang pohon mangrove.

4. Piknik 

Pengunjung bisa piknik di kawasan Kebun Raya Mangrove Surabaya. Namun, Eva mengimbau wisatawan tidak membawa bungkus plastik makan dan minuman, karena bisa mencemari lingkungan hutan mangrove.

“Kalau bisa jangan bawa makanan dan minuman (dengan bungkus) plastik. Kalau bawa bekal sendiri boleh, pakai tumblr. Kami juga menyediakan stand makanan, minuman, dan merchandise juga, jadi sebaikanya (beli) makan tempat saja, harganya tidak mahal masih normal,” papar Eva.

5. Naik wahana air 

Jika datang bersama anak-anak, tersedai wahana permainan air seperti sepeda air. Untuk naik wahana ini, pengunjung perlu membeli tiket terpisah seharga Rp 12.000 per orang.

  • 5 Wisata Luar Kota Dekat Surabaya, Bisa Menyeberang Pulau Jawa
  • 5 Fakta Tugu Pahlawan, Mengenang Pertempuran Surabaya 

6. Menanam mangrove 

Kebun Raya Mangrove Surabaya juga menyediakan program penanaman mangrove bagi pelajar, karyawan, maupun umum.

“Biasanya dari komunitas atau sekolah, mereka mengadakan program penanaman mangrove di Kebun Raya Mangrove Surabaya,” ujarnya. 

7. Melihat flora dan fauna 

Terdapat ribuan mangrove dari 57 spesies di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

“Jadi, kami mendaftarkan berbagai jenis mangrove kemudian diuji dari BRIN. Ada sekitar 57 spesies mangrove dan itu tepat semua, akhirnya kami dibimbing oleh BRIN untuk benar-benar layak disebut kebun raya tematik mangrove yang hanya ada satu di Indonesia,” papar Eva.

Selain mangrove, kawasan ini memiliki koleksi flora lainnya serta fauna, seperti 36 jenis burung, biawak, monyet ekor panjang, kucing mangrove, serangga, dan sebagainya.

8. Naik ATV 

Wisatawan bisa berkeliling Kebun Raya Mangrove Surabaya. Tarifnya Rp 50.000 per orang untuk dua kali putaran.

https://travel.kompas.com/read/2023/07/30/204000427/8-aktivitas-di-kebun-raya-mangrove-surabaya-bisa-keliling-naik-perahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke