Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran dengan Lomba Ikat Rumput Laut

Kompas.com - 04/09/2011, 14:02 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Beragam cara dilakukan warga untuk mengungkapkan kegembiraan di hari libur lebaran. Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Minggu (4/9/2011), ratusan nelayan termasuk anak-anak dan ibu rumah tangga menggelar lomba mengikat rumput laut.

Dalam lomba yang tergolong unik ini, setiap peserta berusaha mengikat rumput laut di atas bentangan tali sepanjang 10 meter.  Penilaian peserta yang juara tak hanya ditentukan oleh kecepatan menyelesaikan ikatan rumput laut, tapi juga kerapihan, cara mengikat yang benar, dan tak ada titik ikatan tali yang terlewatkan.

Suasana lomba memang sempat diwarnai protes sejumlah peserta yang saling mengaku sebagai juara pertama. Beruntung, untuk meredam aksi protes warga, panitia mampu memeriksa dan meneliti setiap bentangan tali, dan akhirnya menentukan juara.

Meski tak menjanjikan hadiah, namun acara ini begitu diminati warga. Bahkan, jumlah peserta yang membludak, membuat tenda yang disediakan panitia tak mampu menampung aktivitas perlombaan.

Ketua panitia pelaksana, Ahmad Arsyad menyebutkan, lomba uni ini digelar dalam rangka mengakrabkan suasana antarwarga usai Idul Fitri. Hadiah bukan menjadi masalah sebab yang terpenting suasana persaudaraan antar warga bisa semakin akrab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com