Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KompasTV Juara Pertama di Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2012

Kompas.com - 06/12/2012, 14:17 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - KompasTV memenangkan penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2012. Program Teroka Episode "Raja Ampat" memperoleh juara pertama dan program Hidden Paradise Episode "Maratua" mendapatkan juara ketiga kategori media televisi. Sementara itu episode "Harapan Taman Nasional Komodo" dari AntaraTV mendapatkan juara kedua di kategori yang sama. Ketiga pemenang berhasil menyingkirkan dua nominasi lainnya.

KompasTV sendiri menjadi juara pertama dari total 63 tayangan televisi yang mendaftar di APWI. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Parekraf Kamis (6/12/2012).

Selain televisi, penghargaan APWI 2012 diberikan pula kepada media cetak, media radio, dan media online. Penghargaan APWI merupakan apresiasi Menparekraf kepada para jurnalis yang melalui karya tulisannnya, selain menginformasikan obyek wisata menarik di Tanah Air dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, juga dapat menggugah masyarakat untuk mencintai berwisata di dalam negeri yang dibingkai dalam motto 'Kenali Negerimu, Cintai Negerimu (KNCN)'.  

"Tulisan-tulisan ini membantu dalam menarik minat kunjungan wisata dalam negeri," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenparekraf I Gusti Ngurah Putra, selaku ketua panitia.

Ngurah menjelaskan bahwa kegiatan APWI tahun ini merupakan kali kesepuluh. Total jumlah artikel dan tayangan yang diterima panitia sebanyak 397 buah. "Terdiri atas 221 artikel media cetak, 104 artikel media online, 63 tayangan televisi, dan 10 program siaran radio yang dikumpulkan selama kurun waktu November 2011 hingga Oktober 2012," jelasnya.

Menurutnya, jumlah artikel dan tayangan tahun ini meningkat hingga 58,7% dibandingkan tahun 2011 sebanyak 251 artikel dan tayangan. Tim Juri yang terdiri atas Wahyu Indrasto (Ketua), Esthy Reko Astuty (Sekretaris), dan lima anggota yaitu Elly N.Hutabarat, Carla Parengkuan, Helmy Kodyat, Himawan Brahmantyo, dan I Gde Pitana.

Para juri tersebut mewakili kalangan industri pariwisata, akademisi, pemerhati pariwisata, pejabat Kemenparekraf, serta media. Tim Juri menetapkan para penerima penghargaan sebagai pemenang pertama, kedua, dan ketiga untuk kategori media cetak, televisi, radio, dan media on-line serta penghargaan khusus. Sementara penghargaan untuk lifetime achievement tahun ini tidak diberikan karena tidak ada yang memenuhi kriteria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com