Kompas.com - 09/10/2016, 12:32 WIB
ILUSTRASI - Sebanyak 135 pelajar sekolah dasar dari 45 sanggar tari bertarung pada perlombaan tari Legong Keraton Lasem di panggung Puri Satria, Denpasar, Minggu (8/2/2015). Perlombaan ini kerja sama Pemerintah Kota Denpasar dan Puri Satria untuk kembali menghidupkan tari Legong mulai usia dini. KOMPAS/AYU SULISTYOWATIILUSTRASI - Sebanyak 135 pelajar sekolah dasar dari 45 sanggar tari bertarung pada perlombaan tari Legong Keraton Lasem di panggung Puri Satria, Denpasar, Minggu (8/2/2015). Perlombaan ini kerja sama Pemerintah Kota Denpasar dan Puri Satria untuk kembali menghidupkan tari Legong mulai usia dini.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

DENPASAR, KOMPAS.com - Internasional Folk Dance Festival (IFDF) 2016 resmi dibuka di Art Center atau Taman Budaya Denpasar, menandai dimulainya kompetisi 13 negara yang akan menampilkan tarian andalan dari negaranya.

Negara yang mengikuti festival di antaranya, Argentina, Bulgaria, Republik Ceko, Yunani, Italia, Kazakhstan, Latvia, Polandia, Rusia, Slovakia, Uzbekistan, Thailand dan Taiwan.

"Malam ini adalah pembukaan untuk menuju kompetisi. Ada 13 negara yang akan mengikuti," kata Endang Caturwati, Direktur Kesenian Kemendikbud, Denpasar, Bali, Sabtu (8/10/2016).

Dalam pembukaan festival ini yang digelar di panggung terbuka ini, banyak kontingen dari berbagai negara hadir dengan mengenakan kaus dengan tulisan nama negara masing-masing. Mereka menyambut acara ini dengan teriakan gembira.

"Ini mempererat hubungan internasional khususnya tari rakyat. Ini ruang pertemuan sanggar maupun grup dari beberapa negara untuk membangun jaringan persahabatan," kata Endang.

KOMPAS.com/SRI LESTARI Pembukaan IFDF 2016 di panggung terbuka Ardhana Chandra, Art Center Denpasar, Sabtu(9/10/2016)
Bali yang menjadi tuan rumah tidaklah mengagetkan karena memang Bali merupakan destinasi yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Berbagai macam tradisi, seni dan budaya yang melekat dalam kehidupan masyarakat masih menjadi tempat tersendiri bagi para wisatawan terutama asing.

IFDF 2016 berlangsung dari 8-18 Oktober 2016 ini dengan berbagai rangkaian acara, selain kompetisi tari, digelar parade budaya, kongres deklarasi, pertunjukan kesenian dan kunjungan ke museum Puri Lukisan Ubud sekaligus penutupan. IFDF 2016 adalah rangkaian dari World Culture Forum (WCF) yang juga akan diselenggarakan di Nusa Dua Bali pada tanggal 10-14 Oktober 2016. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.