Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WSL Nias Pro 2024 Digelar, Targetkan Gaet 30.000 Wisatawan Domestik

Kompas.com - 22/05/2024, 08:00 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Liga Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) Nias Pro akan digelar di Pantai Sorake di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Juni 2024 mendatang tepatnya dari Sabtu (8/6/2024) sampai Sabtu (15/6/2024).

Ajang ini ditargetkan menggaet hingga 30.000 wisatawan nusantara (wisnus) dan lebih dari 700 wisatawan mancanegara (wisman).

Baca juga: 5 Pantai di Cilacap, Cocok Jadi Lokasi Healing dan Surfing

“Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menargetkan jumlah wisatawan atau jumlah atlet yang hadir sampai 700 orang. Kita juga akan menyelenggarakan side event yang diharapkan bisa meningkatkan atau mendatangkan wisatawan lokal kurang lebih 30.000 orang," jelas Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Nias Selatan, Anggraeni Daici dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (20/5/2024).

Ia melanjutkan, pendaftaraan WSL Nias Pro 2024 telah dibuka dan antusias para peselancar dari seluruh dunia pun besar.

Saat ini, tambah Anggraeni, sudah lebih dari 215 orang atlet yang mendaftar. Biasanya masing-masing atlet akan membawa dua hingga tiga orang terkait ajang ini.

Dengan demikian, tambahnya, kejuaraan ini diharapkan bisa mendukung percepatan capaian target wisman dan wisnus pada 2024.

Baca juga:

Pantai Sorake, Nias, Sumatera Utara.wonderfulimages.kemenparekraf.go.id Pantai Sorake, Nias, Sumatera Utara.

“Nias Pro ini merupakan kali keempat kita laksanakan, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan berkomitmen event ini akan dilakukan setiap tahun, dan kualitasnya akan terus kita tingkatkan,” tuturnya.

Dilansir dari Antara, Rabu (15/5/2024), Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa menyampaikan, Pantai Sorake memiliki ombak yang tidak hanya menantang, tapi juga menjadi daya tarik utama bagi peselancar dunia.

Baca juga: Bukan di Atas Ombak Laut Lepas, Begini Keseruan Bono Surfing di Sungai Kampar Riau

“Nias Pro ini merupakan program tahunan Pemda (Pemerintah Daerah) Nias Selatan. Kami sangat bangga dan antusias dalam melaksanakan ajang WSL QS 5000 Nias Pro 2024 ini,” ucapnya.

Ia memaparkan, persiapan untuk agenda olahraga ini dilakukan bersama oleh pemerintah daerah, Forkopimda, dan komunitas lokal.

Persiapan tersebut mulai dari fasilitas, infrastruktur, transportasi, hingga akomodasi. Layanan kesehatan ditingkatkan guna memastikan kenyamanan dan keselamatan peserta dan penonton.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com