Rabu, 1 Oktober 2014

/ Karir

Siapa Pun Bisa Bekerja di Bank!

Sabtu, 16 Oktober 2010 | 16:20 WIB

Berita Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan perbankan namun ingin berkarir di dunia perbankan? Jangan ragu, coba dulu! Contoh Michael R. Tampi, Secured Loan Manager Metropolitan Jabotabek bank OCBC NISP yang berhasil menjajal profesi di bidang perbankan tanpa latar belakang pendidikan perbankan, melainkan informatika.

"Ada yang bilang, IPB (Institut Pertanian Bogor) itu Institute Perbankan Bogor. Karena saking banyak lulusannya jadi orang bank. Jadi, apapun background pendidikan kita, itu tidak harus jadi suatu hal yang menentukan keberhasilan," katanya dalam talkshow yang dilangsungkan di Kompas Karier Fair 2010 di JITEC, Mangga Dua, Jakarta, Sabtu (16/10/2010).

Kunci utama dalam berkarir di dunia perbankan, kata Michael adalah minat kerja serta komitmen terhadap pekerjaan perbankan. "Potensi, passion, dan komitmen harus di banking, dan ia harus melakukan hal-hal di perbankan dengan sepenuh hati," ungkap Michael.

"Kontribusi sejalan dengan karir, sekecil apapun kontribusi kita, pasti akan diperhitungkan," tambahnya. Selain itu, menurut Michael, kesempatan berkarier di bank cukup luas dengan banyaknya kebutuhan tenaga kerja perbankan untuk berbagai bidang di dalamnya. Ditambah, jenis bank di Indonesia cukup beragam seperti bank sentral yang berhubungan dengan regulasi perbankan, bank retail yang berhubungan langsung dengan pelanggan, Islamic Bank Syariah yang sedang berkembang pesat di Indonesia dengan prinsip keislamannya, serta investment bank, semuanya memberikan peluang besar.

Untuk fresh graduate, sejumlah bank terutama retail bank, kata Michael menyediakan program sejenis management program atau pelatihan manajemen yang mendidik pekerja dari latar belakang pendidikan manapun untuk dipersiapkan menjadi pimpinan bank. "Saya juga masuk OCBC dari management program. Selama enam bulan belajar, kayak makan gaji buta. Belajar saja dapat gaji," tuturnya. Oleh karena itulah, kata Michael, tidak perlu ragu memasuki dunia perbankan. Asalkan memiliki komitmen, minat, dan kemampuan intelegensi, setiap orang bisa sukses berkarir di sana.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Nadia Felicia