Rabu, 23 April 2014

/ Travel

Kue Prol Tape, Oleh-oleh dari Kota Jember

Senin, 16 April 2012 | 19:15 WIB

Baca juga

KOMPAS.com - Kue prol tape sebagai ikon baru makanan oleh-oleh dari Kota  Jember, Jawa Timur sekarang sudah mulai disukai warga Jember sendiri dan pelancong yang ingin membawa oleh-oleh khas Jember.

Makanan yang berbahan dasar tape singkong ini ini ada berbagai macam rasa mulai coklat, keju, kismis, dan orisinal.  Kue yang terbuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, mentega dan telur ini rasanya hampir seperti kue cake tapi aroma rasa tapenya sangat terasa yaitu manis, kecut dan gurih.

Rasa prol tape singkong yang khas dengan bau aroma tape yang kecut manis agar berhasil  cetakannya sewaktu membikin kuenya harus dari bahan baku tape yang terjaga mutunya. Yaitu  tingkat kematangan bahan tapenya tidak boleh terlalu matang atau mentah.

Nama prol tape sendiri kurang diketahui darimana asalnya. Tapi kalau dimakan memang kue prol tapenya seperti  ngeprol (rontok) dan terasa lunak di lidah.

Sebagai kota tape, Kota Jember memang banyak dijumpai berbagai makanan berbahan tape antara lain pia tape, brownies tape, dan suwar suwir.

Harga prol tape cukup Rp 19.000 untuk ukuran kecil dan Rp 23.000 ukuran besar. Salah satu pedagang oleh-oleh yang membuat sendiri kue prol tape adalah Toko Primadona, di dekat Pasar Tanjung, Jember.

Dalam sehari Toko Primadona bisa menjual kue prol tape antara 100 sampai 200 kotak prol tape. Sewaktu lebaran penjualan kue prol tape bisa naik dua kali lipat menjadi 500 kotak.

Kotak kemasan kue prol tape Primadona berwarna hijau dan berkaca plastik transparan. Sehingga pembeli bisa mengintip taburan diatas kuenya jenis keju, kismis, coklat atau lainnya. Didalam kotak juga tersedia pisau plastik kecil sehingga pembeli bisa langsung menikmatinya di perjalanan.

Di setiap acara reuni-reuni perkumpulan warga Jember yang diadakan di Jakarta, kue prol tape selalu disuguhkan sebagai menu wajib bagi warga Jember untuk mengobati obat kangen makanan kampung halamannya.

Kue prol tape sekarang ini sudah banyak dibeli di semua toko oleh-oleh di sepanjang Jalan Gajah Mada dan  Jalan Trunojoyo Jember. Kue prol tape ini dikemas dalam berbagai merek antara lain  Purnama Jati dan Anis. (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)


Editor : I Made Asdhiana