Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Berwisata Alam di Air Terjun Saat Musim Hujan

Kompas.com - 27/04/2024, 09:39 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Musim hujan tak selalu berarti harus berdiam diri di rumah. Bagi para pecinta alam, musim hujan bisa menjadi momen istimewa untuk menjelajahi keindahan air terjun.

Suara gemericik air yang lebih deras dan suasana yang lebih sejuk dapat memberikan pengalaman berbeda saat berwisata alam.

Namun, perlu diingat bahwa musim hujan juga menghadirkan beberapa tantangan saat berwisata ke air terjun.

Berikut 8 tips yang bisa membantu Anda menikmati wisata alam di air terjun dengan aman dan menyenangkan saat musim hujan. 

Baca juga:

1. Waspada dengan arus deras

Dilansir dari laman Thailand.go.th, kamu perlu mengamati aliran air terjun, berhati-hatilah saat menyeberangi sungai atau bermain di air. Usahakan untuk menghindari kegiatan di bawah air terjun saat arus deras.

Pasalnya, saat musim hujan, aliran air terjun bisa menjadi lebih deras dan berbahaya. Hindari menyeberangi sungai atau bermain di dekat air terjun jika arusnya deras.

2. Periksa apakah aliran air keruh

Jika airnya keruh dan berlumpur, ini juga menandakan potensi bahaya. Segera tinggalkan air dan cari tempat aman.

Ilustrasi air terjun sedudo, nganjuk, jawa timur.DOK.SHUTTERSTOCK/Nugroho Imam Ilustrasi air terjun sedudo, nganjuk, jawa timur.

3. Hindari melintasi bebatuan

Melintas di bebatuan dapat mengakibatkan terpeleset. Bebatuan bisa menjadi licin saat huja turun dan berisiko tinggi terjatuh. Cari jalur yang lebih aman untuk menyeberang.

4. Patuhi peraturan

Ikuti aturan dan peraturan di setiap lokasi. Seperti membantu membersihkan area tersebut untuk menjaga keindahan sumber daya alam.

Ilustrasi Air Terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa TimurDok. Shutterstock/Sakdawut Tangtongsap Ilustrasi Air Terjun Madakaripura di Probolinggo, Jawa Timur

5. Berangkat di pagi hari

Manfaatkan waktu pagi untuk menghindari hujan di siang atau sore hari. Nikmati keindahan air terjun dan bermain air lebih lama.

6. Bawa Payung

Selalu sedia payung atau as hujan untuk mengantisipasi hujan deras dan cipratan air terjun.

7. Jaga Daya Tahan Tubuh

Berolahraga teratur untuk menjaga fisik agar tidak mudah lelah saat melewati jalanan curam menuju air terjun.

8. Cek prakiraan cuaca

Lihat prakiraan cuaca untuk hari perjalanan Anda, dan juga beberapa hari sebelumnya. Ini akan memberi gambaran tentang kondisi cuaca secara keseluruhan dan potensi bahaya yang mungkin terjadi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com