Rabu, 16 April 2014

News / Travel

APEC Dorong Pariwisata Indonesia

Sabtu, 15 Desember 2012 | 13:02 WIB

Baca juga

KUTA, KOMPAS.com — Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2013 yang akan digelar di Bali. Penyelenggaraan APEC dinilai akan membawa dampak positif bagi Indonesia, antara lain meningkatnya kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Firmansyah Rahim mengatakan, penyelenggaraan APEC 2013 di Bali diharapkan akan mendorong jumlah kunjungan wisatawan ke Bali dan Indonesia.

"Selain APEC, tahun depan juga akan ada kegiatan internasional lainnya di Bali," kata Firmansyah di sela-sela pelaksanaan gerakan kebersihan "Bali Bersih Menuju APEC 2013" di Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (15/12/2012).

Firmansyah menyebutkan, target kunjungan wisatawan ke Indonesia pada 2013 ditetapkan sebanyak 9 juta orang. Jumlah itu bertambah dari target kunjungan wisatawan pada 2012 yang sebanyak 8 juta orang. "Dengan adanya APEC, akan terdorong (kunjungan wisatawan)," ujar Firmansyah.

Adapun penyelenggaraan APEC 2013 rencananya digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, pada bulan Oktober.


Penulis: Cokorda Yudhistira
Editor : Robert Adhi Ksp