Sabtu, 19 April 2014

News / Travel

Wisatawan Saksikan Matahari Terbit dari Punthuk Setumbu

Selasa, 1 Januari 2013 | 12:24 WIB

Baca juga

BOROBUDUR, KOMPAS.com - Puluhan wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara, menyaksikan matahari terbit pada hari pertama 2013, Selasa (1/1/2013), dari Bukit "Punthuk Setumbu" sekitar 3 kilometer barat Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Matahari terbit yang terlihat dari tempat dengan ketinggian sekitar 1.300 meter dari permukaan air laut dengan pemandangan alam kawasan Candi Borobudur yang dikelilingi kabut itu terjadi mulai sekitar pukul 05.25 WIB.

Siluet karena matahari yang mulai terbit itu disaksikan mereka dari "Punthuk Setumbu" selama sekitar 30 menit. Posisi matahari terbit pada hari pertama 2013 itu, di kanan atau selatan Candi Borobudur.
    
Bukit "Punthuk Setumbu" di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sejak beberapa tahun terakhir dikembangkan oleh masyarakat kawasan Candi Borobudur sebagai lokasi pariwisata.

Dari lokasi parkir kendaraan wisata hingga puncak Bukit "Punthuk Setumbu" sejauh sekitar 425 meter. Setiap wisatawan dikenai tarif menuju tempat itu Rp15 ribu. Pihak pengelola kepariwisataan setempat memberikan layanan minuman kopi dan teh hangat kepada pengunjung.

Ketua Badan Pariwisata Desa Karangrejo Walidi mengatakan bahwa sekitar 80 wisatawan dan warga sekitar menyaksikan matahari terbit bertepatan dengan Tahun Baru 2013 dari "Punthuk Setumbu".

"Sejak tadi malam (31/12/2012), sudah ada yang naik untuk menginap di atas, sekitar delapan wisatawan. Pagi ini, tadi mulai pukul 04.00 WIB, sebagian besar pengunjung lainnya mulai naik untuk melihat matahari terbit, sekitar 25 orang adalah wisman," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada hari biasa sekitar 20 wisatawan menyaksikan keindahan matahari terbit dengan pemandangan alam kawasan Candi Borobudur dari "Punthuk Setumbu".

Sejumlah warga setempat juga membuka "homestay" untuk wisatawan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 


Editor : kadek
Sumber: