Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Bumbu hingga Suvenir di Pasar Pagi Takayama

Kompas.com - 11/06/2013, 17:19 WIB
Kistyarini

Penulis

TAKAYAMA, KOMPAS.com - Salah satu atraksi wisata di Takayama, Prefektur Gifu, Jepang adalah pasar pagi. Pasar ini buka setiap hari di dua lokasi, yakni di halaman depan kompleks Takayama Jinya dan di sepanjang tepi Sungai Miyagawa.

Di pasar pagi di Takayama Jinya, sebagian besar pedagang menyediakan keperluan sehari-hari warga, seperti sayur mayur, bumbu, acar, dan berbagai keperluan dapur lainnya.

Untuk wisatawan asing, pasar pagi di tepi Sungai Miyagawa lebih menarik. Di sini berbagai suvenir khas Takayama ditawarkan. Dari boneka sarubobo, tas kerajinan lokal, hingga makanan kecil khas Takayama.

Pasar pagi Takayama biasanya buka hingga pukul 11.00. Di setiap pasar terdapat 40 hingga 50 stand penjualan. Di Pasar Miyagawa, sejumlah rumah penduduk pun dijadikan toko.

Tradisi pasar pagi ini berawal dari era Edo (1603-1868). Ketika itu Takayama, yang saat itu menjadi ibukota Provinsi Hida, menjadi pusat perdagangan beras dan bunga di provinsi tersebut.

Lama kelamaan jenis dagangan yang ditawarkan pun beragam. Ada warga yang menjual sayuran, juga buah-buahan. Bedanya, skala perdagangannya tidak besar karena mereka yang memproduksi untuk keperluan pasar pagi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com