Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bungkus Koper di Bandara, Tindakan Percuma

Kompas.com - 16/06/2024, 11:11 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemandangan yang umum di bandara mana pun di seluruh dunia adalah tempat pembungkus barang atau koper yang menawarkan perlindungan tambahan dengan biaya tertentu. 

Harganya bervariasi mulai dari 15 dollar AS (Rp 244.000) hingga 30 Dollar AS (Rp 488.000) dengan pilihan yang lebih mahal biasanya menawarkan semacam asuransi perjalanan. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, begini kata seorang pakar bernama Saraiah Davis yang merupakan manajer keamanan transportasi, dan Lorie Dankers, seorang juru bicara Administrasi Keamanan Transportasi (TSA).

Baca juga: Sugar Glider Lepas di Pesawat China Eastern, Penerbangan Ditunda

Menurut Dankers, ketika Anda memeriksa tas Anda di bandara AS, tas tersebut akan melalui sistem deteksi bahan peledak yang merupakan pemindai 3D yang dapat mengidentifikasi bahan peledak. 

Teknologi ini tetap akan memindai tas yang sudah dibungkus. Jika petugas mencurigai sesuatu dan harus mengeceknya, maka tas harus dibuka.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Hanya 5 persen tas yang dibuka untuk pemeriksaan fisik, jauh lebih sedikit dari yang kita bayangkan. Jika tas Anda dibungkus, pembungkusnya harus dipotong untuk melakukan pemeriksaan.

Tindakan percuma

Davis menjelaskan bahwa semua ruang pemeriksaan bagasi memiliki kamera CCTV dengan pengawasan yang ketat, sehingga tidak perlu khawatir akan adanya pencurian. 

Namun ketika bagasi yang dibungkus dipotong untuk pemeriksaan, bagasi tersebut tidak akan dibungkus ulang. Pembungkusnya akan dibuang atau direkatkan, tetapi tidak akan sama seperti semula.

Baca juga: Bandara di Jepang Ini Tidak Pernah Kehilangan Bagasi Selama 30 Tahun

Intinya, umumnya tidak disarankan untuk membungkus tas Anda, karena tidak memberikan manfaat besar yang dapat membenarkan biaya tambahannya. 

Jika Anda menginginkan perlindungan ekstra untuk koper Anda saat dalam perjalanan, Anda harus membeli koper dengan kunci tambahan.

Tempat untuk menyimpan koper saat di hotel agar terhindar dari kutu busuk.FREEPIK/RAWPIXEL.COM Tempat untuk menyimpan koper saat di hotel agar terhindar dari kutu busuk.

Dengan cara ini, jika koper Anda perlu dibuka karena alasan apa pun, mereka dapat melakukannya dengan mudah.

Jadi jika Anda ingin koper Anda tetap terlihat baru, pembungkusan mungkin bisa memberikan perlindungan terhadap keausan biasa.

Baca juga: Cegah Bagasi Nyasar di Bandara, Jangan Lupa Lepas Stiker Ini

Namun, jika tidak ada kebutuhan khusus, gunakanlah kunci yang disetujui TSA dan nikmati perjalanan musim panas Anda tanpa khawatir akan pembungkusan bagasi yang mahal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com