Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Buka Kembali Rute Surabaya-Makassar

Kompas.com - 09/10/2014, 16:12 WIB
MAKASSSAR, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink memilih Makassar sebagai "hub" dalam melanjutkan akselerasi ekspansi bisnis ke Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang ditandai pembukaan rute Surabaya - Makassar.

"Makassar sejak lama dikenal sebagai motor pembangunan KTI, sehingga tidak heran jika Citilink menjadikannya sebagai titik akselerasi untuk menjangkau pasar domestik," CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo di Makassar, Rabu (8/10/2014), seperti dikutip dari Antara.

Pemilihan kota Makassar, ujar Arif, sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan yang tergolong tinggi sehingga tentunya berpengaruh terhadap tingkat mobilitas masyarakat khususnya yang menggunakan angkutan udara.

Berdasarkan data BPS laju pertumbuhan ekonomi Sulsel sepanjang 2013 tercatat 7,65 persen, sedangkan pihak pengelola Bandara Sultan Hasanuddin memproyeksikan jumlah penumpang 11,2 juta lebih dari 105 ribu pergerakan pesawat sepanjang 2014 atau meningkat 16,6 persen dari 9,6 juta penumpang yang dilayani sepanjang 2013.

Arif mengatakan Citilink akan terus melakukan ekspansi ke beberapa kota khususnya di KTI seperti Manado, Palu dan Jayapura. Hal ini dimungkinkan dengan penambahan armada Airbus A320 yang akan berjumlah 32 pesawat pada akhir 2014 serta ditargetkan 50 pada akhir 2016.

Setelah membuka rute Makassar - Surabaya PP, dalam waktu dekat Citilink juga akan membuka rute Surabaya-Padang PP dan Surabaya-Pekanbaru PP serta beberapa penambahan frekuensi penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma.

"Saat ini Citilink sudah terbang 170 frekuensi setiap hari, targetnya hingga akhir tahun adalah 200 frekuensi penerbangan sehingga kami akan terus mendorong penambahan frekuensi di rute-rute yang sudah ada serta mengoptimalkan Bandara Halimperdanakusumah," katanya.

Sementara itu, VP Corporate Communications Citilink Benny Butarbutar kepada Kompas.com menuturkan rute Surabaya-Makassar merupakan rute yang dibuka kembali. Sebelumnya, rute ini sudah pernah dioperasikan oleh Citilink dan ditutup.

"Makassar jadi motor percepatan ekspansi bisnis Citilink untuk jangkau KTI. Dari situ akan dibuka rute Makassar-Manado, Makassar-Palu, dan juga ke Jayapura," tuturnya, Kamis (9/10/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com