Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 4 Operator Tur yang Berikan Pengalaman Wisata Berbeda

Kompas.com - 13/05/2015, 17:18 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada akhir pekan maupun liburan, setiap orang mempunyai waktu luang yang dapat digunakan untuk berwisata. Perjalanan wisata kini lebih dari sekadar mengunjungi tempat eksotik lalu kemudian mengambil gambar dan kembali pulang. Beberapa operator tur Indonesia memiliki konsep yang dapat menambah nilai perjalanan wisata.

"Kita ingin menciptakan perjalanan yang unik dan bertanggung jawab. Banyak loh tempat wisata yang berubah. Kita mau menjadi responsible traveler," kata CEO Wanderlust Indonesia, Dini Hajarrahmah saat membuka talkshow "Wandertalk: Learn The Different Ways to Travel Indonesia" di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Paket tur perjalanan andalan yang ia tawarkan adalah pariwisata berbasis volunter. Dini mengatakan wisatawan dapat berinteraksi dengan warga setempat dengan cara seperti mengajar, membantu membangun perpustakaan, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Konsep pariwisata berbasis volunter atau dikenal dengan istilah "voluntourism", menurut Dini dapat menjadi konsep lain dalam menikmati perjalanan.

Operator perjalanan GeoTourID juga memiliki konsep perjalanan yang dapat menambah nilai perjalanan wisata untuk para wisatawan. "Indonesia setiap detil geologinya memiliki makna yang menarik. Kami mengemasnya dalam bentuk perjalanan wisata dengan nilai pengetahuan geologi," kata Public Relation GeoTourId, Dwandari Ralanarko.

Sementara itu, Campa Tour menawarkan pariwisata berbasis sejarah. Wisatawan untuk menyelami Indonesia melalui sejarah dan kebudayaan.

"Adalah penting untuk belajar sejarah Indonesia karena itulah identitas kita," kata CEO Campa Tour, Fitria.

Namun berwisata belum lengkap jika belum menikmati kuliner. Itulah yang ditawarkan oleh pemilik tur perjalanan Kelana Rasa, Ari Parikesit. Ia mengunggulkan kuliner sebagai paket pariwisata yang ditawarkan.

"Kita mengajak memahami budaya melalui kuliner. Kita nanti datang ke tempat pembuatan kuliner, bertemu sang pembuat kuliner. Bahkan kita dapat mencicipi kuliner yang tidak ada di restoran atau rumah makan kota," tutupnya.

Seperti apa paket tur yang ditawarkan keempat operator tur ini? Berikut contohnya.

Wanderlust Indonesia
Salah satu paket reguler yang ditawarkan adalah traveling dan volunteering ke Ujung Kulon. Peserta akan diajak membantu masyarakat setempat yaitu di Desa Tamanjaya. Setelah itu, peserta melakukan aktivitas seperti snorkeling di Pulau Peucang. Kegiatan lainnya adalah trekking dan naik perahu kano. Paket dua hari satu malam ini ditawarkan dengan harga Rp 700.000 sudah termasuk transportasi Jakarta-Tamanjaya (PP), makan, pemandu lokal, homestay, hingga tiket masuk.

Geotour Indonesia
Salah satu paket yang pernah mereka buat adalah jelajah alam Bandung dengan pengetahuan Geologi. Peserta diajak melihat Lava Basalt Pahoehoe Cikapundung, matahari terbit di patahan Lembang, hingga mendengarkan sejarah geologi Bandung dan urban legend night trail. Tur ini pernah berlangsung pada tahun 2014. Paket tur dua hari satu malam ini ditawarkan dengan harga Rp 350.000 sudah termasuk bus Jakarta-Bandung PP, makan, penginapan, hingga dipandu oleh pembimbing lapangan ahli geologi.

Campa Tour
Paket yang ditawarkan adalah Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur. Kampung adat ini mempunyai kebudayaan luhur yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Peserta diajak menyusuri Taman Nasional di seputaran kampung Wae Rebo dan mendaki bukit Poncoroko untuk menuju kampung Wae Rebo. Serta berinteraksi dengan masyarakat Wae Rebo dan mengikuti upacara Wae Lu’lu sebagai syarat memasuki kampung. Paket tur ini ditawarkan dengan harga Rp 2,5 juta untuk 4 orang, sudah termasuk makan, kendaraan di darat, pemandu lokal, homestay, hingga asuransi.

Kelana Rasa
Paket yang ditawarkan terdiri dari destinasi domestik maupun luar negeri. Salah satu destinasi luar negeri yang ditawarkan adalah Vietnam. Peserta akan mencicipi aneka kuliner Vietnam, dari sarapan, makan siang, coffee time sampai makan malam. Tur dipandu pemandu kuliner berpengalaman, Arie Parikesit yang telah memandu belasan perjalanan kuliner di dalam dan luar negeri. Paket ditawarkan dengan harga Rp 7.990.000 per orang untuk tanggal 4-7 Juni 2015 mendatang sudah termasuk tiket pesawat PP, makan, transportasi selama tur, tiket masuk obyek wisata, dan pemandu lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com