Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Nonton Wayang di Parkir Timur Senayan

Kompas.com - 20/03/2016, 04:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertunjukan kesenian wayang akan digelar di tengah kota Jakarta pada Sabtu (26/3/2016) mendatang. Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan akan membuka pertunjukan kesenian wayang bertajuk “Semarak Wayang Pesona Indonesia 2016” yang akan berlangsung di Parkir Timur Senayan.

Pertunjukan wayang akan menyajikan empat jenis wayang yaitu; wayang Ajen, wayang kulit Langen Budaya Indramayu, wayang kulit Tuton Jawa, dan wayang golek Mursidin Banten. Keempat jenis wayang yang memiliki ciri khas berbeda tersebut masing-masing akan disajikan oleh dalang kondang.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap seni pewayangan dan juga persembahan Indonesia kepada dunia dan untuk meningkatkan citra wayang sebagai daya tarik bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” kata Arief Yahya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel di Jakarta, Sabtu (19/3/2016).

Arief mengatakan, kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah untuk melestarikan pertunjukan wayang dan menjadikan wayang sebagai atraksi wisata budaya sebagai warisan leluhur Bangsa Indonesia.

Selain itu untuk lebih memperkenalkan seni pertunjukan wayang kepada generasi muda, nantinya juga akan diselenggarakan workshop seni pertunjukan wayang yang berlangsung pada sore hari sebelum acara malam pertunjukan.

“Pemerintah berharap pertunjukan ini akan menciptakan iklim kerja sama antara para stakeholder yaitu; para seniman pada umumnya dan pelaku seni pedalangan dan pewayangan pada khususnya, serta industri pariwisata agar 'Semarak  Wayang Pesona Indonesia' ini dijadikan sebagai daya tarik untuk meningkatkan minat pelaku wisata budaya sehingga wayang sebagai seni atraksi dapat menjadi ikon Bangsa Indonesia dan masuk dalam calendar of event pariwisata nasional,” lanjutnya.

Pertunjukan wayang ini diselenggarakan oleh Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kementerian Pariwisata. Acara ini merupakan pertama kali diselenggarakan dalam rangka mempromosikan wayang sebagai atraksi seni budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com