Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Willem Daki Gunung Tertinggi di Jabar Kurang dari 11 Jam

Kompas.com - 20/05/2016, 14:43 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com - Pendaki gunung maraton Willem Sigar Tasiam (58) menempuh jarak pendakian Gunung Ciremai, Jawa Barat sejauh 19,6 kilometer dalam waktu kurang dari 11 jam.

Umumnya, pendakian Gunung Ciremai membutuhkan waktu 10,5 jam hanya untuk tiba di puncak gunung.

Willem memulai pendakian dari Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, Jumat (20/5/2016) pukul 02.10 WIB.

Ia kembali di Pos Taman Nasional Gunung Ciremai Resort Palutungan pada pukul 12.50 WIB. "Kita langsung ke Tampomas," ujar Willem singkat begitu tiba di pos pendakian.

Berdasarkan informasi dari pihak taman nasional, pendakian Gunung Ciremai melewati Dusun Palutungan, ada sembilan pos yang dilalui sebelum mencapai Puncak Gunung Ciremai.

Pos-pos itu adalah Pos Cigowong, Kuta, Pangguyangan Badak, Arban, Tanjakan Asoy, Pasanggrahan, Sanhyangropoh, Goa Walet, dan puncak Ciremai.

Saat Willem mulai berangkat, cuaca terpantau cerah. Pada pagi hari menjelang siang, Gunung Ciremai sempat tertutup kabut. Saat ini tim ekspedisi, langsung melambung ke kaki Gunung Tampomas, Cibereum, Jawa Barat. Diperkirakan tim akan tiba sekitar pukul 16.00 WIB.

Dengan menyelesaikan pendakian Gunung Ciremai, Willem juga akan mendaki sejumlah gunung di Jawa Barat. Adapun gunung tersebut adalah Gunung Papandayan, Cikuray, Guntur, Sanggabuana, Gede, dan Pangrango.

Kompas.com/Sastri WIllem Sigar bersama tim ekspedisi Jelajah Tanpa Batas tiba di Bali, Minggu (1/5/2016).
Gunung Ciremai terletak di dua kabupaten yakni Majalengka dan Kuningan. Gunung berkawah ini berketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ikuti kisah perjalanan Willem Sigar di liputan khusus Kompas.com pada laman "Ekspedisi Alam Liar - 50 Gunung 40 Hari".

Tim Kompas.com akan mengikuti perjalanan pendakian Willem mendaki 50 gunung secara maraton dalam 40 hari.  Perjalanan menuju kaki gunung ditempuh dengan jalan darat menggunakan mobil Nissan All New Navara. Ekspedisi ini juga didukung oleh Pertamina dan Eiger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com