Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Cara Benar Makan Bento

Kompas.com - 11/07/2016, 11:04 WIB

BENTO adalah bekal makan siang khas Jepang yang dikemas di dalam wadah berbentuk kotak. Tidak boleh sembarangan menyantap bento, karena ada tata cara makan bento yang benar. Berikut ulasan lengkapnya.

Sebuah bento tradisional berisi nasi, ikan atau daging, acar, dan sayuran. Isi bento memang harus mengandung gizi yang seimbang, antara lain protein, karbohidrat, mineral, lemak, dan vitamin. Wadah yang digunakan untuk mengemas bento biasanya berbentuk kotak.

Tidak hanya dibawa dari rumah, kini di Jepang sudah banyak toko yang menyediakan bento siap makan, khususnya di stasiun kereta api dan department store. Namun, ibu rumah tangga di Jepang masih senang untuk menghabiskan waktu dan energi mereka untuk membuat bento yang lezat sebagai bekal orang terkasih atau diri sendiri.

Ada beragam bentuk serupa bento di beberapa negara Asia lainnya, seperti Baon di Filipina, Dosirak di Korea, Biandang di Taiwan, dan Tiffin di India.

Makan bento tidak boleh sembarangan. Ada tata cara makan bento yang benar. Salad adalah makanan pertama yang harus dikonsumsi dari bento.

Selalu gunakan sumpit dengan benar ketika memakan makanan yang terdapat di dalam bento. Kemudian, seruput sup miso yang terdapat di dalam mangkuk bersamaan dengan nasi dan yakitori.

Setelah selesai mengonsumsi bento, jangan lupa membersihkan sisa makanan yang jatuh ke luar wadah bento. Selain itu, jangan lupa mengucapkan "Gochisosama deshita" yang berarti "Terima kasih untuk sajiannya".

Nah, setelah ini, jangan salah lagi ya saat mengonsumsi bento, terutama saat Anda berkunjung dan menikmati bento di restoran Jepang. (SCI/Sajiansedap.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com