Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih "Sunblock" yang Tepat untuk Liburan

Kompas.com - 14/07/2016, 09:05 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sunblock yang beredar di pasaran punya beragam jenis dan harga. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan SPF, tekstur, dan komposisinya.

Pertama, Anda harus memperhatikan tingkat SPF terlebih dahulu. Apabila berada lebih dari dua jam di luar ruangan, Anda dianjurkan menggunakan minimal SPF 30.

Ada dua jenis sunblock yang bisa dibedakan lewat ketahanannya yaitu sweatproof dan water-resistant. Namun pada dasarnya, tidak ada sunblock yang tahan terhadap air. Anda tetap harus mengoleskannya lagi apabila sudah satu jam di luar ruangan. Terutama bagi Anda yang melakukan aktivitas air, seperti berenang.

Sunblock punya berbagai kandungan. Pastikan Anda membeli sunblock yang mengandung zinc oxide, avobenzone, atau titanium dioksida yang menjamin perlindungan yang luas.

Namun dalam pernyataan Dr Raja Sivamani, ahli dermatologi di University of California, yang terpenting adalah kandungan zinc. Kandungan ini bisa memberikan perlindungan ekstra yang kuat terhadap kulit Anda.

Jenis sunblock juga bisa dibedakan dari teksturnya. Ada sunblock dalam bentuk spray, krim, stick dan lainnya. Namun dari sekian banyak jenis, sunblock krim adalah yang terbaik untuk digunakan. Sunscreen spray tidak bisa memberikan perlindungan yang menyeluruh dan sebaik krim.

Terakhir, Anda harus pastikan sunblock tersebut memiliki perlindungan terhadap semua jenis sinar ultraviolet. Banyak sunblock yang memiliki SPF tinggi dan perlindungan terhadap UVA, namun tidak terhadap UVB. Begitu pun sebaliknya.

Oleh karena itu, carilah sunblock yang merupakan "paket lengkap" dari semuanya. Pastikan sunblock tersebut cocok diaplikasikan pada kulit Anda dan tidak menyebabkan alergi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com