Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Kompas.com - 18/04/2024, 20:08 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi tempat terselenggaranya pertemuan Hight Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) Republik Indonesia-Cina.

Acara ini diselenggarakan oleh diselenggarakan Kementerian koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), sejak Kamis 18 hingga Sabtu 20 April 2024.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dikabarkan akan mengajak para delegasi China untuk berwisata ke Pulau Padar, kawasan Taman Nasional Komodo pada Jumat 19 April 2024.

Baca juga: Pulau Padar Labuan Bajo: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Cara Menuju

"Konsep pengamanan di Pulau Padar, tamu mulai berangkat dari pagi, sudah pasti dari pengamanan sehari sebelumnya sudah siapkan personel, di Pulau Padar," ujar Kepala Biro Operasional Polda NTT, Komisaris Besar Polisi Deonijiu De Fatima, Kamis (18/4/2024).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Pengamanan di Pulau Padar

Untuk pengamanan di darat dalam acara ini, lanjut Deonijiu, personel disiagakan di sejumlah titik.

Pengamanan disebar, mulai dari Bandara Komodo, Hotel Meruorah yang menjadi lokasi pertemuan dan Hotel Ayana, tempat acara gala dinner dan delegasi menginap.

Baca juga: Labuan Bajo Tuan Rumah Dialog Tingkat Tinggi Indonesia-China, Polda NTT Siapkan Ratusan Personel

"Lokasi ini kita melaksanakan pengamanan dengan seluruh fungsi yang ada, TNI-Polri dan instansi lainnya, semua terlibat," tegasnya.

Adapun pertemuan High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism atau (HDCM) Republik Indonesia dan Republik Rakyat China (RRC), merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada 21 Februari 2023 lalu.

Pulau Padar di Labuan bajoWonderfulimage.id Pulau Padar di Labuan bajo

Pertemuan berfokus pada diskusi interaktif antara pemerintah dan pelaku usaha China di Indonesia tentang isu-isu khusus kerja sama yang dihadapi dalam proyek strategis Indonesia-China.

Pertemuan ini akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Baca juga: Pertemuan Prabowo dan Menlu China Berlangsung Tertutup di Kemenhan

Sementara dari China akan diwakili Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan sejumlah delegasi lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com