Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Jadi Tempat Wisata Terfavorit di Pulau Jawa Selama Lebaran 2024

Kompas.com - 16/04/2024, 19:05 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan, pantai jadi tempat wisata paling favorit di Pulau Jawa selama Lebaran 2024

"Preferensi daya tarik wisata itu meliputi pantai sekitar 56,1 persen, kemudian pusat kuliner 50,8 persen, pegunungan atau agrowisata 41,9 persen, taman rekreasi 29,9 persen, dan pusat perbelanjaan 26,6 persen," jelas Adyatama Kemenparekraf Nia Niscaya saat Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Baca juga:

Lebih lanjut, menurut pantauan Kemenparekraf, Pantai Pangandaran menjadi tempat wisata yang mengalami lonjakan pengunjung tertinggi. Sebanyak 20.223 pengunjung datang ke Pantai Pangandaran pada Jumat (12/4/2024) lalu.

Sementara itu, Pantai Menganti di Jawa Tengah mencatat kunjungan 21.952 wisatawan pada Sabtu (13/4/2024).

"Kemudian di Jawa Timur itu tertinggi di Telaga Sarangan dengan jumlah kunjungan mencapai 23.911 kunjungan pada Sabtu (13/4/2024)," tutur Nia.

Baca juga:

Didominasi perjalanan satu hari

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya saat ditemui media usai Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada Selasa (16/4/2024).KOMPAS.com/Krisda Tiofani Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya saat ditemui media usai Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, pada Selasa (16/4/2024).

Berikutnya, berdasarkan kajian pemetaan preferensi aktivitas wisatawan nusantara (wisnus) selama libur Lebaran 2024, dicatat juga mengenai tipe berwisatanya.

Sekitar 49,5 persen wisnus melakukan one day trip (perjalanan sehari), sedangkan 36,2 persennya melakukan perjalanan dua hingga empat hari.

Survei yang melibatkan 1.758 responden ini menuliskan bahwa sebanyak 34,5 persen wisnus menginap di hotel berbintang sebagai akomodasi.

Ada juga yang menginap di tempat keluarga sebanyak 26,9 persen dari total survei.

"Hampir 90 persen, mereka berwisata dengan keluarga. Dari sisi statistik, memang puncaknya wisnus itu ketika mudik," ujar Nia.

Hampir 75 persen wisnus menggunakan kendaraan pribadi untuk berwisata atau mudik selama Lebaran 2024.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com